oleh

TOL Dumai Pekanbaru Diresmikan

celahkotaNEWS.com || DUMAI – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 kilometer di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Jumat (25/9/2020).

“Dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim. Saya resmikan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai hari ini,” tegas Jokowi.

Peresmian tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti yang dilakukan oleh Jokowi dan didampingi Walikota Dumai Zulkifli A.S dan Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) Budi Harto.

Jokowi mengatakan, Tol Pekanbaru-Dumai dapat dioperasikan secara penuh dan dimanfaatkan untuk kegiatan produktif, baik masyarakat Riau maupun masyarakat yang melintasi Pulau Sumatera.

Tol Pekanbaru-Dumai merupakan bagian dari Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) sepanjang 2.878 kilometer yang membentang dari Lampung hingga Aceh sebagai koridor utama.

Jokowi melanjutkan, kehadiran Tol Pekanbaru-Dumai akan meningkatkan konektivitas antara Ibu Kota Provinsi Riau dan Kota Dumai sebagai kota pelabuhan dengan industri perminyakan dan agribisnis maju, kawasan industri, dan perkebunan lainnya.

“Dengan kondisi ini, truk-truk pengangkut sawit, pengangkut minyak, angkutan logistik, angkutan penumpang, akan lebih efisien dari segi waktu maupun segi biaya,” lanjut Jokowi.

Jokowi pun berpesan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan masyarakat Riau untuk memanfaatkan jalan tol tersebut sebaik-baiknya untuk mengembangkan peluang usaha, sarana pemerataan, dan kesejahteraan masyarakat.

Perlu diektahui, Tol Pekanbaru-Dumai membentang sepanjang 131 kilometer dan telah memenuhi persyaratan laik operasi sebagai jalan tol.

Tol Pekanbaru-Dumai terdiri dari enam seksi tol yaitu seksi 1 (Pekanbaru-Minas) sepanjang 9,5 kilometer, seksi 2 (Minas-Kandis Selatan) sepanjang 24,1 kilometer, dan seksi 3 (Kandis Selatan-Kandis Utara) sepanjang 16,9 kilometer.

Kemudian seksi 4 (Kandis Utara-Duri Selatan) sepanjang 26,5 kilometer, seksi 5 (Duri Selatan-Duri Utara) sepanjang 29,45 kilometer dan seksi 6 (Duri Utara- Dumai) sepanjang 25,05 kilometer.(net)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed