oleh

Sebagian Besar Wilayah Dumai Masih Didominasi Hutan

2016-09-22_09-23-12

Walikota Dumai : Zilkifli As

Celahkotanews.com || DUMAI – Walikota Dumai Drs H Zulkifli AS MSi mengatakan, wilayah Kota Dumai masih didominasi kawasan hutan. Untuk itu, Pemerintah Kota (Pemko) Dumai menggesa pembahasan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Dumai di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau.

“Saat ini Pemko Dumai menggesa pengesahan Ranperda tentang RTRW yang tengah dibahas di provinsi. Mudah-mudahan akan segera rampung untuk perluasan wilayah bukan kawasan hutan,” kata Zulkifli kepada wartawan di Dumai, Senin (26/9/2016).

Jika tidak diselesaikan, sambung Zulkifli, dikhawatir masyarakat yang tinggal di wilayah yang masuk dalam kawasan hutan akan mendapatkan permasalahan di kemudian hari. “Maka dari itu Pemko Dumai akan terus menggesa pembahasan RTRW Kota Dumai,” jelas dia.

Zulkifli mengatakan, wilayah yang bukan kawasan hutan sekitar 50.687 hektar dari luas kawasan Dumai sesuai RTRW sekitar 200 ribu hektar. Kawasan tersebut tidak hanya dimanfaatkan untuk pemukiman, juga dipergunakan sebagai lahan pertanian.

Terpisah, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Dumai, H Marjoko Santoso SKM MARS mengatakan sekitar 80 persen wilayah Dumai masuk dalam kawasan hutan lindung. Atas dasar itu Pemko Dumai mengajukan revisi.

“Revisi yang diajukan diterima Kementerian terkait dan mendapat dukungan dari DPD, namun wilayah yang masuk kawasan hutan lindung akan dilepaskan secara bertahap dan mengacu pada aturan yang berlaku,” jelas Marjoko dalam rapat percepatan finalisasi revisi RTRW Riau di Jakarta, belum lama ini.

Adanya revisi ini, tambah dia, dapat memberikan titik terang soal RTRW di Kota Dumai, mengingat banyak kawasan di Dumai masih masuk dalam kawasan hutan.(ckn/HRC)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed