oleh

Makna Hari Kesaktian Pancasila

Negara Indonesia adalah Negara yang bersifat Multikulturalisme. Hal ini tergambar dari jumlah pulau, ragam, suku, banyak agama, serta aneka ragam budaya yang ada didalamnya. Banyaknya perbedaan itu tercemin dalam Pancasila yang memiliki semboyan “Bhineka Tunggal Ika”.

Perbedaan diciptakan untung saling melengkapi bukan untuk salling memusuhi. Setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing yang merupakan kekayaan khasanah budaya bangsa Indonesia. Semuanya menyatu dalam satu bangsa, satu bahasa, dan satu tanah air.

Pancasila sebagai pisau analisis dikarenakan pancasila merupakan sistem yang canggih. Nilai pancasila tidak hanya untuk pengenalan serta pemasyarakatan, akan tetapi penjelasan kemampuan mentak kejiwaan manusia yaitu sampai pada tingkat akal, rasa, dan kehendak manusia.

Tanggal 1 Oktober merupakan peringatan hari Kesaktian Pancasila. Salah satu momen yang melepaskan Negara Indonesia dari pemberontakan G30S/PKI yang menewaskan para Jendral terbaik di Indonesia. Peringatan hari kesaktian pancasila bisa dijadikan kebangkitan bagi kita semua untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotism yang cenderung mulai luntur.

Nilai-nilai itulah yang kemudian kita maknai sebagai semangat untuk membangun kembali jati diri bangsa. Pancasila adalah dasar Negara dan menjadi sumber hokum yang mengatur masyarakat Indonesia termasuk kehidupan berpolitik, karena itu politik sebagai salah nsatu infrastruktur politik dan segala sesuatun yang hadir dan lahir di bangsa Indonesia harus tunduk pada pancasila.

Pancasila mengandung berbagai makna dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.makna yang pertama adalah moralitas, yaitu sila pertama Ketuhan Yang Maha Esa mengandung arti bahwa Negara bangsa Indonesia bukanlah Negara teokrasi yang hanya berdasarkan kekuasaan Negara dan penyelenggaraan Negara pada legitimasi religious.

Kekuasaan kepala Negara tidak bersifat mutlak berdasarkan legitimasi religious, melainkan berdasarkan legitimasi hukum serta legitimasi demokrasi. Oleh karena asas sila pertama pancasila lebih berkaitan dengan legitimasi moralitas.

Pancasila dirumuskan untuk memperkokoh berdirinya Negara Indonesia, selain itu dengan adanya pancasila sebagai bangsa Indonesia tentunya dapat menjalankan hidup yang lebih baik sebelum pancasila dirumuskan banyak sekali rakyat Indonesia yang susah.

Kesaktian pancasila memiliki makna penting bagi seluruh warga Negara Indonesia, bahwa pancasila merupakan pedoman serta dasar Negara yang tidak dapat dan tidak boleh diubah oleh siapapun. Makna kesaktian pancasila yaitu hari dimana seluruh anggota serta pejabat militer Indonesia bergabung.

Penghormatan salah satu makna kesaktian pancasila, dimana setiap warga Negara Indonesia melakukan penghormatan kepada seluruh pahlawan yang telah gugur. Adapun makna kesaktian pancasila sebagai upaya untuk memperkokok peran pancasila sebagai dasar Negara serta ideology bangsa. Pancasila memiliki peran penting sebagai pondasi dasar Negara.

Oleh karena itu, kita sebagai rakyat Indonesia harus selalu mengenang jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan bangsa Indonesia, dan mencontoh setiap perjuangannya.

Dan sebagai rakyat Indonesia dengan hari kesaktian pancasila sebagai momentum untuk memperbaiki bangsa. Dan sebagai rakyat Indonesia sebagai kecintaan kita terhadap negeri kita harus menjaga keutuhan nilai nilai moral dan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Dan sebagai rakyat Indonesia dengan hari kesaktian pancasila sebagai momentum untuk memperbaiki bangsa. Dan sebagai rakyat Indonesia sebagai kecintaan kita terhadap negeri kita harus menjaga keutuhan nilai nilai moral dan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Sumber : Kompasiana.com

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed