oleh

Cegah Virus Zika, Diskes Riau Terapkan Health Alert Card di Bandara SSK II

zika
Dinas Kesehatan Riau menerapkan Health Alert Card di Bandara SSK II bagi penumpang asal Singapura. Langkah pencegahan masuknya virus Zika.

CELAHKOTANEWS.COM||PEKANBARU – Untuk mencegah masuknya virus Zika ke Indonesia, Diskes Riau memberlakukan pengisian Health Alert Card yang harus diisi oleh penumpang pesawat yang baru datang dari Singapore.

Hal itu dilakukan Dinas Kesehatan melalui Kantor Kesehatan Pelabuhan yang langsung merespon travel advisor Menteri Kesehatan dengan langkah-langkah antisipatif untuk pencegahan kemungkinan masuknya Virus Zika yang saat ini sudah sampai di negeri jiran Singapore.

“Kita sudah melaksanakan kebijakan antisipatif masuknya virus Zika dengan mewajibkan pengisian Health Alert Card sejak Selasa (30/8/16) lalu,” terang Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Pekanbaru, Budi Hidayat.

Menurutnya, langkah kewaspadaan penyebaran zika di KKP Pekanbaru adalah detect, respon dan report. Pengawasan dilakukan terhadap orang, barang dan alat angkut. Termasuk pengawasan pesawat dari Singapore-Pekanbaru seperti Silk Air dan Jet Star dan pengawasan terhadap kapal laut ke Riau.

Jika ada sakit, tambahnya, harus dilakukan pemeriksaan medis dan tindakan protektif (rapelen) serta tindakan pencegahan. Setelah itu dirujuk ke RS. Selain pengawasan kepada manusia, juga dilakukan tindakan penyehatan alat angkut komunikasi resiko.

Sementara, Kepala Seksi Promkes Diskes Riau, Rozita mengatakan bahwa untuk pencegahan penyakit akibat virus zika penanganannya hampir sama dengan DBD. Tetap dengan budayakan 4M plus.

“Membudayakan 4M yaitu menguras, menutup, mengubur, memantau plus jangan menggantungkan pakauan bekas pakai, memelihara ikan, hindari gigitan nyamuk dan bubuhkan bubuk abate di tempat-tempat penampungan air,” terang Rozita.(rt/net)

Sumber: RIAUTERKINI

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed