oleh

Sukarela Bersihkan Masjid, PANJI Siap Terima Panggilan

-Dumai-43 views

DUMAI – Relawan Kota Dumai yang tergabung dalam Organisasi Persaudaraan Jawa Indonesia (PANJI) Riau Kota Dumai secara sukarela membersihkan Masjid. PANJI adalah organisasi kemasyarakatan yang dibuat sebagai wadah tempat berkumpulnya persaudaraan jawa Indonesia dan bergerak dibidang sosial, budaya, dan ekonomi kemasyarakatan.

Dibidang sosial, PANJI yang baru didirikan pada Mei 2023 dengan jumlah anggota sebanyak 180 orang gemar berkeliling dari masjid ke masjid untuk membersihkan sarana dan prasarana tempat ibadah yang dikerjakan secara sukarela. Bahkan PANJI siap terima panggilan untuk membersihkan Masjid di Dumai.

Salahsatunya Masjid Darussalam di Jalan Kusuma Kelurahan Jayamukti Kota Dumai, Minggu pagi (19/11/2023) didatangi puluhan anggota PANJI Riau Kota Dumai.

Mereka datang dengan Ikhtiar membersihkan Masjid membawa peralatan lengkap seperti sapu, alat pel, pembersih kaca, vakum cleaner, alat cuci Air Conditioner (AC) dan lainnya.

Dari pantauan di Masjid Darussalam Jayamukti Kota Dumai, anggota Panji Riau, tampak membersihkan tempat wudhu, toilet, mengepel lantai dasar dan lantai 2 Masjid Darussalam, membersihkan karpet masjid, membersihkan kipas angin, mencuci AC dan mengelap kaca.

Kepada wartawan, Ketua PANJI Kota Dumai, Ibnu Royan, didampingi Gunanto Sekretaris dan Salim selaku Bendahara mengatakan kegiatan bersih-bersih Masjid adalah bentuk kepedulian Sosial Panji Riau Kota Dumai terhadap rumah ibadah, tujuannya membuat Masjid bersih dan nyaman sebagai tempat ibadah.

“Ini Ikhtiar kami untuk bersama-sama menjaga kebersihan Masjid. Untuk itu kami membuat program bersih -bersih Masjid secara sukarela agar keberadaan Panji memberikan manfaat buat masyarakat,” kata Ibnu Royan.

Dijelaskannya, kegiatan bakti sosial bersih-bersih Masjid dilaksanakan dua kali sebulan. Pengurus Masjid dapat menghubungi Panji melalui media sosial Panji seperti Facebook atau Instagram atau bisa langsung ke sekretariat Persaudaraan Jawa Indonesia Panji Riau Kota Dumai di Jalan Anggur Nomor 101, Kelurahan Rimba Sekampung, Kota Dumai, nomor Telepon 0812 75989109 dan 085355579525.

Selain membersihkan Masjid, PANJI Riau Kota Dumai juga rutin mengadakan bhakti sosial seperti membagikan sembako gratis serta membantu masyarakat dalam upaya meningkatkan perekonomian, melalui program ekonomi kemasyarakatan. Pungkasnya. (wan)