oleh

Rutin Tiap Bulan Dumai Langganan Banjir Rob

celahkotaNEWS.com – DUMAI – Banjir di Dumai semakin parah, tidak hanya merendam badan jalan, akibat air pasang (Rob) dan tingginya intensitas hujan Kamis (01/03/2021), air juga masuk ke rumah warga.

Pantauan lapangan, banjir menggenangi badan Jalan Sidorejo, Jalan Hasanudin, Jalan Cempedak, Jalan SS. Kasim, Jalan Sukajadi, dan jalan lainnya, tinggi air berwarna cokelat kemerahan menggenang,terumatama dikawasan Kecamatan Dumai Kota.

Banjir Rob di Dumai dikenal dengan istilah pasang Keling, diperparah dengan guyuran hujan membuat jalan dan rumah digenangi air. Titik yang berdampak paling besar ada di Kelurahan Dumai Kota.

Salah satu warga Kelurahaan Dumaikota   mengaku, pasang keling  sering terjadi, sebulan bisa 2 kali, hari ini di perparah air hujan yang turun sangat deras.

“Pasang Keling sudah biasa terjadi, bisa sampai 4 kali dalam sebulan. Namun kali ini di perparah tingginya intensitas curah hujan, makanya genangan air masuk kerumah warga,” kata Hendri Kuswoyo.

Dirinya mengaku, terpaksa meninggikan letak barang elektronik dan menguras air yang masuk kedalam rumahnya.

“Untuk mencegah kerusakan barang elektronik yang ada di rumah, kami harus meletak barang – barang eletronik lebih tinggi supaya tidak kebanjiran, seperti kulkas, mesin cuci, tv dan lainnya.” tambahnya.

Dirinya berharap Pemerintah Kota Dumai, bisa mengambil langkah yang cepat untuk menangani banjir ini, karena sudah menggangu aktifitas warga.

Banjir rob merupakan banjir yang airnya berasal dari air laut. Banjir rob ini adalah banjir yang diakibatkan oleh pasangnya air laut, hingga air yang pasang tersebut menggenangi daratan. banjir rob ini juga dikenal sebagai banjir genangan.

Banjir rob ini akan sering melanda atau sering terjadi di daerah yang permukaannya lebih rendah daripada permukaan air laut,karena disebabkan oleh meluapnya air laut yang sampai ke daratan.(ckn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed