oleh

Karhutla Semakin Meluas,Lahan Terbakar di Dumai Capai 55,3 Hektar

celahkotaNEWS.com ||DUMAI – Akibat cuaca panas kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Dumai terus meluas, hingga Senin (2/3/2020) lahan yang terbakar mencapai 55,3 hektar.

Kepala pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Dumai, Afrilagan mengungkapkan, ‎meluasnya karhutla akiat cuaca panas disertai angin kencang.

“Cuaca panas disertai angin kencang menjadi penyebab meluasnya karhutla di Dumai. Sampai 2 Maret 2020 luas lahan terbakar di Dumai mencapai 55,3 hektar.” Kata Afrilagan Selasa (3/3/2020).

Afrilagan menjelaskan, kebakaran lahan terparah terjadi di Kecamatan Sungai Sembilan dengan luas lahan terbakar mencapai 28,5 hektar tersebar di beberapa Kelurahan seperti Kelurahan Bangsal Aceh seluas 9 hektar, Kelurahan Lubuk Gaung 19 hektar dan kelurahan Tanjung Penyebal 0,5 hektar.

Untuk kebakaran lahan di Kecamatan Medang Kampai ada 15,25 hektar dengan rincian, Kelurahan Teluk Makmur 11,25 hektar dan Kelurahan Guntung 3 hektar, serta kelurahaan Mundam 1 Hektar.

Di Kecamatan Dumai Barat lahan yang terbakar seluas 4,75 hektar dengan rincian di Kelurahan Purnama 2 hektar, Kelurahan Bagan Keladi 2,25 hektar.

Kecamatan Dumai Timur lahan yang tebakar seluas, 2,55 hektar dengan rincian di Kelurahan Teluk Binjai 0,25 hektar, Kelurahan Tanjung Palas 1 hektar dan Kelurahan Bukit Batrem 0,3 hejtar, serta kelurahaan jaya Mukti 1 hektar.

Kebakaran lahan juga terjadi di Kecamatan Dumai Selatan seluas 4,25 hektar, dengan rincian Kelurahan Bukit Datuk 1,5 hektar, kelurahan Bukit Timah 0,75 hektar, Kelurahan Mekar Sari 2 hektar.

Disebutkanya, data- data tersebut hasil rekapitulasi dan laporan harian tim reaksi cepat (TRC) BPBD Kota Dumai, dari Januari hingga 2 Maret 2020.

Untuk kesulitan di lapangan, menurut Afrilagan tambah Afrilagan, jauhnya sumber air dari lokasi titik Api, sumber air terbatas, kondisi jalan menuju titik api sulit, cuaca panas dan angin kencang.

“Meskipun begitu kita mungucapkan terima kasih terhadap TNI, Polri dan tim gabungan karhutla lainya yang sudah berjibaku memadamkan karhutla di Dumai,” Sebut Lahan. Pungkasnya. (ckn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed