oleh

Ini Makna dan Harapan Hari Pohon Sedunia

celahkotaNEWS.com – Pohon memiliki peran penting bagi keberlangsungan makhluk hidup. Setiap manfaatnya menjadi penyeimbang ekosistem untuk mempertahankan bumi.

Untuk itu, Hari Pohon Sedunia atau World Tree Day pun diperingati setiap 21 November. Hari Pohon Sedunia bertujuan untuk mengingatkan betapa pentingnya fungsi pohon bagi kehidupan setiap makhluk hidup.

Peringatan Hari Pohon Sedunia ini juga diperingati untuk menghormati jasa dari seorang pencinta alam asal Amerika Serikat yaitu J. Sterling Morton, yang begitu gigih dalam menyuarakan dan mengkampanyekan tentang gerakan menanam pohon dan melestarikan hutan.

Di Indonesia perayaan Hari Pohon Sedunia dirayakan dengan berbagai kegiatan, contohnya seperti mengadakan seminar pendidikan lingkungan dan gerakan menanam pohon.

“Gerakan menanam pohon yang dilakukan oleh puluhan anak yatim di Rumah Belajar Yatim (RBY) bina Yayasan Tunas Muda Care (T-Care) yang sedang mengikuti program edukasi bertani dan pengelolaan sampah,” dalam Twittnya dikutip PotensiBisnis.com dari akun @dinaslhdki DKI Jakarta pada 21 November 2020.

Dengan menanam pohon guna menghindari emisi dengan cepat pembuangan, dan penyimpanan karbon adalah hal yang pada akhirnya akan mulai menstabilkan perubahan iklim.

Jika karbon dioksida semakin banyak bumi akan mengalami pemanasan global, maka dengan menanam pohon akan memberikan banyak sekali manfaat tambahan bagi planet kita yang tidak dapat dilakukan oleh strategi kredit karbon lainnya.

Hutan yang sehat meningkatkan kualitas udara dan air, menyediakan habitat satwa liar, menstabilkan tanah, memberikan kesempatan untuk rekreasi, merangsang ekonomi lokal dan banyak lagi.

Pohon juga menjadi penyimpanan cadangan air supaya air tidak cepat menguap, sehingga cadangan air bersih tetap ada.

Menurut penelitian Davey Institute dan Departemen Kehutanan AS, menyebutkan bahwa pohon yang ditanam di perkotaan ternyata mampu menyelamatkan rata-rata tingkat kehidupan masyarakat di perkotaan per tahunnya.

Ternyata kemampuan pohon dapat membersihkan udara perkotaan yang penuh dengan polusi.

Perayaan Hari Pohon Sedunia ini diharapkan menjadi momentum untuk mengingatkan diri sendiri, dan masyarakat sekitar agar mengetahui pentingnya menanam pohon yang dapat mencegah penebangan pohon itu sendiri.

Sumber : Moreschick

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed