oleh

Gubri : Mari Antisipasi Kenaikan Tren Covid-19 di Riau

PEKANBARU – Wajah yang terlihat tanpa lelah, penuh semangat terus terpancar dari sosok seorang Gubernur Riau (Gubri), H Syamsuar dalam menghadapi masa-masa pandemi Covid-19 hingga kini di Provinsi Riau. Hampir dalam setiap kegiatan yang dihadirinya, mantan Bupati Siak ini selalu mengingatkan semua pihak untuk bersama-sama mengantispasi kenaikan kasus baru Covid-19.

Walaupun Provinsi Riau selama bulan November ini telah mengalami penurunan jumlah kasus Covid-19, namun tidak berarti masyarakat sudah bisa tenang hingga mulai abai bahkan sudah tidak terlalu lagi peduli dengan protokol kesehatan.

Sangat mudah ditemui saat ini, khususnya di beberapa lokasi di Kota Pekanbaru, seperti pusat perbelanjaan, pasar tradisional, cafe, restoran, tempat ibadah, masyarakat sudah mulai abagi dan acuh memakai masker. Apalagi di sejumlah lokasi kerap kali tidak ditemukan lagi tempat cuci tangan plus sabun cuci tangannya.

Kerumunan pun kerap terjadi, baik di pusat perbelanjaan, pasar tradisional, di super market dan tempat makan. Dari penelusuran di lapangan, banyak masyarakat yang merasa sudah bosan dengan gaya hidup yang dijalaninya hampir dua tahun ini.

“Kita sudah sangat bosan dengan gaya hidup yang kita jalani selama ini, sudah hampir dua tahun bang, kan sekarang kasusnya sudah berkurang,” ungkap, Anton, warga di Jalan Bukit Barisan yang sangat santai tidak ada menggunakan masker ketika keluar dari salah satu toserba.

Namun dari sekian banyak masyarakat yang tampakabai, masih banyak pula masyarakat yang tetap disiplin dan taat terhadap protokol kesehatan (Prokes).

Antisipasi Kenaikan Tren Covid-19
Sementara itu, Gubri Syamsuar kembali mengingatkan kepala daerah, stakeholder serta semua pihak di Provinsi Riau untuk mengantisipasi terjadinya tren kenaikan kasus COVID-19 di Provinsi Riau.

Ia menjelaskan, meski sempat beberapa waktu lalu nihil penambahan kasus COVID-19 di Provinsi Riau, namun saat ini sudah terjadi lagi penambahan kasus di beberapa daerah.

“Saya harapkan tren di Riau ini tidak naik lagi. Ini barangkali harus kita tangani,” ucapnya, Selasa (23/11/2021).

Gubri menegaskan, Presiden RI telah menginstruksikan kepada semua pemerintah daerah untuk mengantisipasi kenaikan kasus. Meskipun hanya ada penambahan satu kasus, namun itu tidak boleh dianggap sepele.

“Saya sudah sampaikan ke Kapolda, mohon untuk segera menangani (jika terjadi lonjakan kasus covid-19), segera koordinasi dengan dinas kesehatan,” ujarnya.

Kemudian, Gubri Syamsuar juga minta kepada semua pihak yang terpapar Covid-19 untuk menjalankan isolasi mandiri. Hal ini bertujuan untuk menekan dan menurunkan kasus Covid-19 di Provinsi Riau.

Ia berharap di Provinsi Riau tidak lagi terjadi kenaikan kasus, dan ia juga meminta kepada seluruh masyarakat Riau untuk tetap menjaga protokol kesehatan (prokes) dalam setiap aktivitas.

“Mudah-mudahan kita sehat selalu, dan mudah-mudahan Covid-19 segera diangkat dari bumi,” tutupnya.

Jelang Libur Nataru
Syamsuar juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang sudah mendukung pemerintah dalam menekan laju penyebaran Covid-19. (Halloriau.com)

News Feed