oleh

Dinas Perikanan Sosialisasi Gemarikan

celahkotaNEWS.com – Dumai – Dinas perikanan Kota Dumai, menggelar sosialisasi gerakan masyarakat makan ikan (Gemarikan) bagi ‎pasangan pranikah, dalam upaya pencegahaan stunting sejak dini, dan mempersiapkan generasi kota Dumai bebas stanting tahun 2021.

Sosialisasi Gemarikan yang dilaksanakan di salah satu hotel di kota Dumai, pada Selasa (07/09/2021), dibuka oleh Asisten III, M. Syafii dan dihadiri oleh Ketua TP PKK Kota Dumai, Leni Ramayani, dan Plt Kadis Perikanan, Mukhlis Suzantri, serta camat berserta pasangan pra nikah Kota Dumai.

‎Dalam laporannya, Kadis Perikanan, Mukhlis Suzantri mengungkapkan, ‎bahwa jumlah angka stunting di indonesia masih tergolong tinggi dan menjadi perhatian semua kalangan.

Ia menambahkan, sebagai upaya pencegahaan stunting sejak dini, dan mempersiapkan generasi kota Dumai bebas stanting tahun 2021, Pemko Dumai, menggelar Sosialisasi Gemarikan kepada Pasangan Pra Nikah di kota Dumai.

Menurutnya, Pasangan pra nikah, sangat penting sebagai sasaran Sosialisasi Gemarikan, karena pasangan pra nikah ini akan menjadi orang tua, tentunya butuh informasi seputar pemunuhan Gizi bagi keluarganya.

Diterangkannya, pemenuhan gizi ini bisa didapatkan dalam Ikan, karena ikan memiliki kandungan gizi yang bisa memenuhi kebutuhan gizi setiap hari, tentunya dengan mengkonsumsi ikan bisa mencegah terjadinya Stunting.

Dirinya menjelaskan, untuk mempersiapkan generasi kota Dumai bebas stanting tahun 2021, dimulai dari pemenuhan gizi orang tua, bagi ibu hamil hingga masa pertumbuhan anak.

Mukhlis berharap, melalui Sosialisasi ini pasangan pra nikah bisa gemar memakan ikan, serta mampu mengolah ikan menjadi hidangan yang kaya akan gizi, sehingga kebutuhan gizi keluarga bisa terpenuhi.

“Kita juga berharap melalui kegiatan ini, stunting bisa dicegah, dan mas‎yarakat bisa kembali gemar memakan ikan,” imbuhnya.

‎Sementara, Asisten III, M. Syafii mengungkapkan, kegiatan Sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) sangat bagus, ditengah pendemi yang melanda seluruh indonesia.

Menurutnya sebagai kawasan pesisir, tetunya banyak hasil ikan yang bisa dinikmati tak harus mahal, yang terpenting kandungan gizi di dalam ikan tersebut.

Ia menambahkan, Gemarikan ini juga bertujuan untuk percepatan penanganan stunting, serta mencegah terjadinya stunting bagi generasi emas Dumai.

Diakuinya, melalui gerakan Masyarakat makan ikan kandungan gizi pada ikan sangat relevan untuk mendukung program stunting terutama 1000 hari kehidupan bayi.

“Ini penting bagi calon orang tua, mari sampaikan informasi kepada tetangga tetangga kita, untuk gemar memakan ikan, karena kandugan gizi pada ikan sangat bagus untuk tubuh,” pungkasnya. (Xnewss)

News Feed