oleh

Angka Partisipasi Pemilih Dumai Alami Penurunan

CelahkotaNEWS.com || DUMAI- Tingkat partisipasi pemilih pada Pilkada Serentak 2018 hanya mencapai 73,24 persen secara sekeluruhan se Indoensia padahal KPU selama ini memasang target partisipasi pemilih yang ditetapkan sebesar 77,5 persen.

Menanggapi penurunan angka partisipasi diakui oleh Ketua KPU Dumai Darwis sag dimana Dumai juga mengalami penurunan partisipasi pemilih saat Pilgub kemaren.Angka penurunan capai 40 Persen.

Banyak faktor yang membuat masyarakat Golput atau tidak menggunakan hak suaranya salahsatunya bisa faktor alam atau kondisi geografis yang membuat pemilih malas datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS). “Cuaca juga bisa berpengaruh. Kalau hujan,orang mikir datang ke TPS dan kondisi riil terjadi didumai ,” ungkap dia.

Selain itu keberadaan pasangan calon juga bisa mempengaruhi angka partisipasi pemilih. Ada yang tidak mau mencoblos karena mengakui tidak ada pilihan serta berkurangnya azas kepercayaan masyarakat.

Namun,KPU juga berharap kerja sama dan keterlibatan berbagai stakeholder pemilu untuk meningkatkan angka partisipasi pada Pileg mendatang.(die)

Penulis : Depie
Editor : Joeyibas

Foto : istimewa /[email protected]

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed