Berita Terbaru Ekonomi Lingkungan

Tingkat Pencari Kerja Di Kota Dumai Masih Tinggi

work
Ilustrasi

CELAHKOTANEWS.COM, DUMAI – Kota Dumai yang saat ini mendapat julukan sebagai Kota perdagangan dan industri, benar adanya sepanjang pesisir pantai kota Dumai tidak sedikit Bertenggernya Perusahaan – perusahaan besar dengan berbagai merk.

Walaupun demikian dengan banyaknya kawasan industri tersebut belum tentu, memberikan kemudahan kepada pencari kerja, sejauh ini pada awal 2015 ini saja sudah tercatat lebih kurang 901 orang pencari kerja, yang ingin mendapatkan kehidupan yang layak.

Kota industri dan perdagang kota Dumai tentunya menjadi magnet tersendiri bagi pencari kerja, sebagimana yang kita ketahui pula pada tahun 2014 yang lalu tercatat sebanyak 4,550 pencari kerja, hal ini terdaftar di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi kota Dumai data tersebut dilihat dari data AK1 atau yang lebih di kenal dengan kartu kuning atau kartu pencari kerja. Dari jumlah 4.550 orang pencari kerja ditahun 2014 yang lalu hanya 1.308 orang yang mendapat tempat pekerjaan diberbagai bidang yang ada di kota Dumai.

Sebagai mana untuk di ketahui pula untuk jumlah angka pengangguran sampai dengan saat ini mencapai 4.038 orang yang belum mendapatkan pekerjaan. Mungkin benar bahwa dalam dua-tiga tahun terakhir pemerintah telah berhasil menghela kembali laju pembangunan dan sedikit mendongkrak angka pertumbuhan ekonomi, tetapi hal itu tidaklah otomatis dapat menyelesaikan persoalan pengangguran. Bahkan, bisa saja yang terjadi kemudian adalah mismatch antara kesempatan kerja yang tersedia dengan kondisi basis sosial masyarakat dan profil tenaga kerja yang ada.

terlepas apapun faktor penyebab banyaknya pengangguran usia muda yang produktif adalah salah satu isu di bidang ketenaga kerjaan yang membutuhkan perhatian ekstra karena mereka hanya menambah panjang daftar jumlah pengangguran yang sudah berjubel sebelumnya. Seperti diketahui, ketika kondisi sektor riil tetap lesu dan investasi yang masuk masih tergajal RTRW, hal ini perlu mendapat bimbingan serius dari in stasui yang terkait.

Permasalahan bidang ketenagakerjaan harus diakui sangat luas dan acapkali sulit bagi pemerintah daerah untuk merumuskan fokus masalah dan titik awal untuk memulai penanganan. Khusus untuk isu penanganan pengangguran usia muda, beberapa permasalahan yang perlu digarisbawahi adalah, Bagaimana sebetulnya gambaran tentang peta permasalahan dan faktor penyebab meningkatnya jumlah pengangguran usia muda, Kesulitan dan tantangan apa sajakah yang dihadapi para pencari kerja usia muda untuk memperoleh pekerjaan atau mengembangkan usaha kecil-menengah yang sifatnya mandiri, Bagaimana gambaran program yang selama ini dikembangkan pemerintah daerah dalam upaya penanganan pengangguran usia muda, dan sejauhmana efektivitas program yang dikembangkan itu di lapangan, dan kendala-kendala apa sajakah yang dihadapi pemerintah daerah dalam upaya penanganan pengangguran usia muda serta Kebijakan dan strategi seperti apakah yang seharusnya dikembangkan untuk meningkatkan efektivitas penanganan pengangguran.

Fakta di lapangan justru seringkali memperlihatkan bahwa,walau pun kota Dumai di juluki sebagi kota industri hal ini tentunya tidak menbuat para pencari kerja akan terserap semua, sejauh ini juga seremonial seremonial yang di lakaskan oleh insatnsi terkait boleh di kata iasapan jempol belaka, namun perlu juga di sadari bagi kita melihat potret ketenagakerjaan yang demikian, bisa ditarik kesimpulan adanya kekurangan kualifikasi tenaga kerja yang ada.

Dengan melihat angka pencari kerbja yang cukup tinggi saat ini di kota dumai, membutuhkan penanganan dan pemecahan yang sifatnya segera. Menunda menangani perkembangan jumlah yang terus meningkat, bukan saja akan dapat menjadi bom waktu yang berbahaya, tetapi juga akan membuat upaya penanganan menjadi jauh lebih sulit kedepan hal ini tentunya akan menjadi Perhatian serius oleh instansi tekait yang membidang ketenaga kerjaaan.(ckn)

Related posts

Kursi Sekda Dumai Mulai DiPerebutkan,Ketua Komisi III DPRD Dumai Angkat Bicara

Celahkotanews

Waduh.. Simpang Anjing ‎Dirubah jadi Simpang Samak

Celahkotanews

Bumi Tempat Kita Berpijak

Celahkotanews

Leave a Comment