Berita Terbaru Celoteh Pak Usu

Salam Dari ujung Kota ‘Berlumpur Dan Berdebu’

CelahkotaNEWS.com || DUMAI -Pembangunan pendidikan merupakan salah satu prioritas utama dalam agenda pembangunan nasional. Pembangunan pendidikan sangat penting karena perannya yang signifikan dalam mencapai kemajuan di berbagai bidang kehidupan: sosial, ekonomi, politik, dan budaya. Karena itu, pemerintah berkewajiban untuk memenuhi hak setiap warga negara dalam memperoleh layanan pendidikan guna meningkatkan kualitas hidup bangsa Indonesia sebagaimana diamanatkan oleh UUD 1945, yang mewajibkan pemerintah bertanggung jawab dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan menciptakan kesejahteraan umum.

2017-10-09_13-50-29
SD 012 Kelurahan Basilam Baru Kecamatan Sungai Sembilan Kota Dumai – Riau

Pemerataan pendidikan mencakup dua aspek penting yaitu equality dan equity. Equality atau persamaan mengandung arti persamaan kesempatan untuk memperoleh pendidikan, sedangkan equity bermakna keadilan dalam memperoleh kesempatan pendidikan yang sama diantara berbagai kelompok dalam masyarakat. Akses terhadap pendidikan yang merata berarti semua penduduk usia sekolah telah memperoleh kesempatan pendidikan, sementara itu akses terhadap pendidikan telah adil jika antarkelompok bisa menikmati pendidikan secara sama.

2017-10-09_13-50-50
SD 012 Kelurahan Basilam Baru Kecamatan Sungai Sembilan Kota Dumai – Riau

Masih Pantaskah…?

Hangat mentari tak terasa bagi meraka,dinginya angin juga tidak berpengaruh bagi meraka berlantaikan tanah,serta berdindingkan papan seadanya juga tidak berpengaruh bagi mereka namun,masih pantaskan dinegeri Puteri Tujuh yang terkenal dengan negeri penjerang minyak ini dengan kondisi sekolah seperti ini.?

Di era globalisasi sekarang ini bangsa Indonesia masih dililit krisis di bidang pendidikan.Masih banyak hal yang perlu dikoreksi terutama oleh pemerintah sebagai salah satu fasilitator pendidikan. Pelayanan pendidikan terutama di daerah-daerah terpencil seperti di ujung sudut Kota Dumai Basilam Baru dan batu teritib dua kelurahan yang berada di wilayah Kecamatan Sungai sembilan Kota Dumai Provinsi Riau.

Sunguh menjadi kenangan tersendiri bagi murid-murid ini kelak mereka telah meningalkan bangku sekolah mereka bagai mana tidak untuk menimba ilmu sebagai jalan menuju masa depan mereka harus berlajar di gedung sekolah dengan apa adanya belantaikan tanah berdindingkan papan seadanya.
Seyogyanya Pendidikan adalah sarana untuk mencetak generasi penerus bangsa untuk menjadi manusia-manusia berkualitas. Sehingga sudah menjadi tugas negara dalam hal ini pemerintah daerah setempat untuk memperhatikan sarana dan prasarana untuk menunjang jalannya aktivitas pendidikan tersebut.

Namun sayang dengan kondisi sekolah yang sudah reok,berdebu dikala panas Berlumpur dikala hujan kurang mendapat perhatian Pihak Kecamatan yang hingga saat ini masih masih berkutat dengan waktu seolah mereka masih terlelap tidur tanpa terbagun melihat Dunia pendidikan khusunya yang ada diwilayah ujung kota Dumai ini.(ckn)

Penulis : Khairul iwan

Related posts

Sijago merah lalap rumah warga jalan berembang

Celahkotanews

Nama Ketua Pemuda Pancasila Mencuat Nahodai Golkar Dumai

Celahkotanews

Asap Hitam Tebal,Tiga Petak Ruko Di SSQ Dumai Terbakar

Ckn

Leave a Comment