Berita Terbaru Celah Kota Lingkungan Sosial dan Budaya

Peranan Bidang Peternakan Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat

Peranan Bidang Peternakan Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat
Peranan Bidang Peternakan Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat

CELAHKOTANEWS.COM, DUMAI – Peternakan mempunyai peranan yang penting dalam pembangunan setidak-tidaknya dalam 4 hal strategis yaitu :

1. Peternakan untuk menyediakan pangan terutama untuk memenuhi kebutuhan rakyat akan protein hewani,

2. Peternakan untuk sumber pendapatan dan kesempatan kerja,

3. Peternakan, untuk usaha pertanian yang berkelanjutan dan perbaikan lingkungan hidup, dan

4. Peternakan untuk pengentasan masyarakat dari kemiskinan.

Namun pada kenyataannya bidang peternakan  sekarang  ini belum mampu secara optimal dalam menjalankan peran strategis seperti yang telah dijelaskan diatas. Hal ini dikarenakan kebanyakan usaha peternakan masih dikelola secara tradisional sehingga belum mampu memberikan kesejahteraan,yang memadai dan juga belum mampu mencukupi kebutuhan protein hewani yang terjangkau oleh masyarakat, karena sebagian besar sumber protein hewani terutama daging dan susu masih inpor sehingga harganya relatif tinggi. Untuk itu perlu adanya usaha yang terpadu sehingga bidang peternakan ini benar-benar mampu berperan dalam mensejahterakan rakyat melalui penyediaan lapangan pekerjaan dan penyediaan protein hewani yang mencukupi kebutuhan masyarakat dengan harga terjangkau.

Pembangunan peternakan merupakan bagian pembangunan nasional yang sangat penting, karena salah satu tujuan pembangunan peternakan adalah peningkatan kualitas sumberdaya manusia yang unggul. Selain itu, tujuan pembangunan peternakan adalah meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan peternak.

Sejauh ini pula untuk pengembangan dan pembinaan peternakan di kota dumai ini sendiri pada tahun 2015 ini, kadisnakanla kota dumai Syafrizal menuturkan.

”Di samping kita mendatangkan Bibit-bit unggul dari luar daerah baik dalam bentuk bantuan,dari Pemerintah Kota Dumai maupun dari Pemerintah Pusat,namun Kita juga ada Program sarjana membanguan desa sarjana peternakan,oleh sebab itu kita berharap komoditi-komoditi peternakan senatiasa bisa kita tingkatkan.untuk peningkatan Produksi kita mengalakan Program inspinasi poktan terhadap pternak-peternak kita,”Tutur Syafrizal.

Peran Pemerintah dalam memberi dukungan terhadap para peternak yang sudah ada, maka sangat dibutuhkan kordinasi yang baik antara Pemerintah melalui Skpd terkait bersama kelompak ternak dan gapoktanyasehingga tahapan pembinanan dan pengembangan peternakan dapat sejalan sehingga bebmbawa kelompaok peternakan menjadi lebih maju dan dapat membangkitkan sumber ekonomi.(ckn)

Related posts

Di Pelalawan, Lagi-lagi Pemilik Sabu-sabu Ditangkap Polisi

Celahkotanews

Oknum ASN Dinas (Disdukcapil) Kota Pekanbaru Diduga Tertangkap Pungli

Celahkotanews

Assesment Pejabat Tunggu Petunjuk Menpan,Sekda Pelantikan Hanya Isu

Celahkotanews

1 comment

Leave a Comment