Berita Terbaru Hukrim

Penangkapan Perompak Kapal Tanker Dilaut Dumai Seperti Adengan Film Action Dilayar Kaca

logolicious_20170327_230146
Kapolres Dumai AKBP Donald Happy Ginting SIK MSi

Celahkotanews.com || Dumai – Seperti Aksi film di layar kaca. Penangkapan sindikat perampok kapal tanker di perairan Dumai. Kenapa tidak disaat dilakukan penangkapan sempat terjadi kejar-kejaran antara komplotan perompok spesialis kapal tanker jaringan nasional dengan petugas.

Pelaku juga sempat melompat kelaut, dibarengi aksi berenang sampai menyelam ke laut. Tidak sampai disitu saja, mereka sempat ‘Duel’ melakukan perlawanan ke petugas. Namun lima pelaku akhirnya berhasil di ‘tumbangkan’ petugas.

Disampaikan Kapolres Dumai AKBP Donald Happy Ginting SIK MSi saat memberikan keterangan Pers di ruang tahan Mapolres Dumai, Senin (27/3) kemarin. Kelima tersangka turut dihadirikan.  Sindikat perompak itu diketahui sudah melakukan aksinya kapal sejak 2007. Bukan kali pertama melainkan telah beraksi sebanyak 240 kali terhadap kapal parkir di laut Dumai.

“Penangkapannya seperti di film. Mereka loncat ke laut dan mencoba lari. Bahkan mau melawan petugas. Coba dibayangkan sambil tutup mata, “kata Donald.

Aksi sindikat rompak itu terjadi diperairan kota Dumai, Riau – Indonesia Ahad (26/3) dini hari. “Saat itu sindikat berencana akan merampok Kapal MT. PING AN berbendera Marshall Island. Belum berhasil merampok mereke tertangkap. Dari enam orang pelaku, lima berhasil diamankan dan dibawa ke Markas Pol Air Dumai,” ungkap Donald.

Lima pelaku yakni, MH (40), DH (30), RH (22), AR (38), dan HN (18). Dari penangkapan tersebut petugas  satu unit Kapal Pompong Tanpa Nama, tiga unit Hape, dua gulung Tali Tambang Besar/ Kecil, satu batang bambu, satu  karung Goni, besi dan beberapa barang bukti lainnya.

Informasi dirangkum, penangkapan pelaku saat itu ada 6 orang sudah berada diatas Kapal MT. PING AN, namun  hendak melakukan pencurian Alarm kapal berbunyi sehingga  para pelaku melarikan diri dengan menggunakan kapal Pompong.

Kapolres menjelaskan lagi, kapal tersebut mengangkat oli milik PT Surya Dumai tujuan Cina, dari hasil pemeriksaan barang yang biasa mereka curi atau rampok yakni sparepart kapal.”Selain itu diketahui juga penampung barang curian diketahui  pria berinisial  SN Jalan Daeng Togek Delima Kelurahan Purnama Dumai Barat,” tambahnya.

Berawal,  petugas Sat Polair Polres Dumai juga melakukan patroli langsung merapat dan menangkap para pelaku. Dari enam pelaku, awalnya hanya tiga pelaku diamankan, sementara tiga lagi terjun ke laut. Namun dari tiga yang terjun ke laut, dua pelaku berhasil diamankan, sementara satu pelaku lainnya belum ditemukan yakni pelaku berinisial AH (22).(Tim)

 

Related posts

Siap-Siap Pemko Dumai Akan Melakukan Pelantikan Eselon II 

Celahkotanews

Ibu Pembuang Bayi Di Sumur Musa Di RingKus Polisi

Celahkotanews

Maghrib Sampai Isya Warnet dan gelper Dilarang Beroperasi

Celahkotanews

Leave a Comment