Berita Terbaru pemerintahan

Pemko Dumai Bersama Lanal dan Masyarakat Tanam Pohon Magrove

CelahkotaNews.com || Dumai- Pemerintah Kota Dumai bersama Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Dumai dan masyarakat Kelurahan Datuk Laksamana, Kecamatan Dumai Kota melaksanakan penanaman 500 bibit magrove disekitar kawasan pemukiman warga Kelurahan Datuk Laksamana.


Selain bertujuan untuk menahan abrasi air laut dan memanfaatkan tanaman sebagai sumber oksigen, penanaman magrove ini juga dilakukan untuk menyukseskan program pemerintah Kota Dumai yang berencana menjadikan kawasan ini sebagai kawasan kampung wisata bahari Kota Dumai.
Diharapkan dengan keberadaan kampung wisata kali ini akan menjadikan keberadaan Kelurahan Datuk Laksamana sebagai kampung dalam sebagai lokasi peredaran narkoba akan menghilang dengan program yang dilakukan ini. Penanaman pohon magrove ini dilaksanakan sekaligus dalam rangka peringatan hari Armada tahun 2017.


Walikota Dumai H. Zulkifli As dalam sambutannya mengucap Alhamdulillah masih ada yang peduli dengan lingkungan karena padan zaman sekarang lebih banyak yang memotong daripada menanam.

Makanya dengan adanya penanaman ini memberikan nilai positif bagi masyarakat. Karena banyaknya pohon lingkungan menjadi indah dan udara bersih. “Jadi, kegiatan ini diharapkan tidak berakhir sampai di sini saja tetapi terus berkelanjutan dengan menjaga kelestariannya,” ujarnya.

“Kita juga menghimbau kepada maayarakat untuk menyempatkan waktu menanam pohon minimal satu rumah satu pohon. Selain untuk memperindah lingkungan keberadaan pohon ini akan menjadi sumber oksigen untuk kebutuhan manusia dan menyerap segala racun sebagaimana fungsinya.


Sememtara itu Danlanal Dumai Kolonel Laut (E) Yose Aldino menjelaskan kedepan Lanal Dumai mengaku terkesima melihat kondisi kampung wisata, dan untuk kedepan bersama-sama pemerintah dan unsur TNI dan Polri membuat program wisata.
Ini dilakukan karena merasa  bertanggungjawab sebab lingkungan ini  berada di daerah saya. Penanaman mangrove ini merupakan langkah awal sumbangsih Lanal pada masyarakat sekitar.


Dengan kegiatan ini diharapkan imej negatif kawasan ini dapat dimeminimalisir.  “Kita akan buat program baru untuk masyarakat setempat agar lahir generasi yang baik dan bertanggungjawab. Penanaman pohon mangrove ini dapat menahan gempuran gelombang air laut serta menjaga daerah dari abrasi pantai.
Ini juga bisa menjadi tempat pemijahan berbagai jenis ikan, binatang laut dan tumbuhan lainnya, jika tanaman mangrove kelak tumbuh besar,” ujarnya.(infotorial)

 

Related posts

400 ASN Dumai Pindah Ke Provinsi Riau Karena Beralih Kewenangan

Celahkotanews

Menduda Delapan Tahun, Bocah Dicabuli Petani

Celahkotanews

Kantor Pasar Dumai Minta Dana Pusat Rp1.5 M,Untuk 20 Lapak Agen Ikan di Pasar Kelakap Tujuh

Celahkotanews

Leave a Comment