Hukrim

Lebaran, 232 Napi Rutan Dumai Terima Remisi

Foto-layar_071715_085959_PM

 

CELAHKOTANEWS.COM | Dumai -Rumah tahanan Kota Dumai Riau menyerahkan remisi khusus Hari Raya Idul Fitri 1436 H. kepada 232 narapidana penerima yang telah ditetapkan Kementerian Hukum dan HAM RI, Jumat.

Kepala Rutan Dumai Muhammad Lukman menyebutkan pemberian remisi dilakukan usai pelaksanaan salat Ied di lapangan komplek penjara dan di dalam sebuah kegiatan seremoni penyerahan secara simbolis.

“Pemberian remisi tahun ini tidak ada warga binaan yang langsung bebas menghirup udara di luar,” katanya.

Pengurangan masa tahanan ini, lanjut dia, diberikan bervariasi dengan rincian remisi 15 hari untuk 111 orang, satu bulan 112 napi dan satu bulan 15 hari kepada sembilan warga binaan.

Dia melanjutkan, keputusan remisi ini berdasarkan surat keputusan Kementerian Hukum dan HAM RI nomor W4-pk.01.01.02.0936.

“Napi yang menerima remisi ini sebagian besar mereka dengan perkara pidana umum seperti pencurian kekerasan dan pemberatan, narkoba serta kasus lainnya,” ungkap dia.

Menurutnya, warga binaan penerima remisi ini merupakan bentuk penghargaan dari pemerintah atas perilaku baik dan tidak melanggar hukum selama menjalani pembinaan di rumah tahanan negara tersebut.

Disamping itu, karena narapidana yang diberikan remisi ini sudah menjalani kurungan penjara minimal enam bulan bertujuan untuk memotivasi narapidana lain agar terus meningkatkan perilaku dalam penjara.

Diketahui pada Idul Fitri 2014 lama, remisi khusus juga diberikan kepada 182 narapidana penghuni Rutan Dumai dengan pengurangan masa tahanan bermacam.(ckn)

Related posts

Mobil Dinas Pemkab Siak Seruduk Pengendara Motor 

Celahkotanews

Riau Darurat Narkoba, Pelabuhan Tikus Jadi Akar Masalah

Celahkotanews

BKD : Kekosongan Kursi Kadispora akan Didefinitif

Celahkotanews

Leave a Comment