Berita Terbaru Politik

Kenapa Di Ulang,Salah Pak

CelahkotaNEWS.com || Dumai, KPU Dumai akhirnya melakukan Pemungutan suara ulang untuk Pemilihan Gubernur Riau 2018 di TPS 13 RT 013 Bukit Batrem Kelurahan Jayamukti Dumai Timur pada Sabtu,pagi (30/06/18)

Sebelumnya Pengawas Pemilu Kota Dumai merekomendasikan kepada komisi pemilihan umum agar diadakan pemungutan suara TPS 13 hal tersebut karena adanya terjadi keselahan Hak penguna suara yang mencoblos di TPS 13 hal ini juga dinilai panwaslu akibat kurang telitinya kelompok penyelenggara.

Panwas Dumai saat Pilkada 27 Juni 2018 menemukan kejanggalan dalam proses pencoblosan di TPS 13 Kelurahan Bukit Bathrem Kecamatan Dumai Timur, yaitu tiga pemilih mencoblos bukan di TPS terdaftar,sehingga direkomendasikan PSU ke KPU setempat.

Supratman,Ketua Panwaslu Kota Dumai di saat berbincang dengan celahkotanews.com mengatakan bahwa pada hari H Pencoblosan terdapat kekeliruan dan menemukan kejangalan di TPS 13 tersebut

“Petugas kita menemukan kejanggalan karena ada tiga pemilih mencoblos bukan di TPS terdaftar,seharusnya tiga orang pemilih tersebut memilih dan memberikan hak suaranya di TPS 12 namun ketiga orang tersebut malah mencoblos di TPS 13 dan akibat kurang teliti kelompok penyelenggara, kita merekomendasikan untuk dilakukan pemungutan suara ulang,dan alhamdulilah pada hari ini (sabtu)KPU Dumai telah melaksakan PSU di TPS 13 ini,”ujar Ketua Panwaslu di dampingi Panitia Pengawas Pemilu Dumai, Agustri.

Panwas Dumai saat Pilkada 27 Juni 2018 menemukan kejanggalan dalam proses pencoblosan di TPS 13 Kelurahan Bukit Bathrem Kecamatan Dumai Timur, yaitu tiga pemilih mencoblos bukan di TPS terdaftar, sehingga direkomendasikan PSU ke KPU setempat.

Disebutkan, keputusan digelar PSU di TPS dengan jumlah pemilih tetap (DPT) 314 orang itu diputuskan Komisi Pemilihan Umum Kota Dumai dalam rapat pleno penetapan pada Kamis (28/6).

Adanya pemilih yang mencoblos tidak sesuai TPS ini diduga melanggar peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 8 Tahun 2018 pasal 59 ayat 2e tentang pemungutan suara ulang.

“Kita harap PSU bisa terlaksana lancar tanpa ada kendala, dan kelompok penyelenggara harus disiapkan dengan benar benar paham terhadap ketentuan pemilu,” sebutnya.

sementara itu Panwaslu Kota Dumai juga mencatat tingkat partisipasi pemilih Pilgub Riau di Dumai tidak mencapai target, yaitu hanya sekitar 53 persen dari jumlah DPT 171.394 jiwa, dan 46 persen pemilih tidak mencoblos alias golput.

Sementara, terkait digelarnya PSU ini, Komisoner KPU Dumai di Jumpai saat berada di TPS 13 menjelaskan memang benar adanya kurangnya ketelitian KPPS nomer 4,dan 5 kita dalam pelaksanaan Pemungutan suara pada 27 juni 2018 lalu yang sehrusnya pemilih,memilih di TPS 12 namun sebaliknya mereka memilih disini TPS 13.

“Memang benar adanya kurang teliliti KPPS nomer 4 dan 5 yangvtidak melihat C6 sehingga tiga orang pemilih salh TPS dalam memberikan hak suaranya,”jelas Edi indara Komisioner KPU Kota Dumai.

Sejauh itu juga dalam PSU di TPS 13 Bukit batrem terlihat aman dan lancar seikitnya ada 10 anggota kepolisian dari Polsek Dumai Timur yang bersiaga di lokasi tersebut meski demikian ada juga warga yang bertanya kepada petugas KPPS mengenai dilakukan pemungutan suara ulang sepeeti di tuturkan salah seorang warga,

Warga : Mengapa di ulang
Petugas : Salah pak
Warga : Kenapa salah
Petugas : …? Terdiam tanpa ada dielak lanjuta dan warga tersebut sambil berlalu menuju bilik pencoblosan. (ckn)

Penulis : Khairul iwan
Editor : Joeyibas
Foto : Dok.CKN

Related posts

Peringatan Kedua, Masyarakat Bumi Ayu Kembali Datangi PN Dumai

Celahkotanews

ISIS Tembak Mati dan Gorok Leher 16 Pedagang Irak

Celahkotanews

Diduga Geng Remaja Lempar Molotov Di Simapng Cempedak Dumai 

Celahkotanews

Leave a Comment