Berita Terbaru Pendidikan

Guru ibarat lilin, Membakar diri untuk menerangi orang lain

CelahkotaNEWS.com || Tugas guru sebagai suatu profesi, menuntut kepada guru untuk mengembangkan profesionalitas diri sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Mendidik, mengajar, dan melatih anak didik adalah tugas guru sebagai suatu profesi.

Tugas guru sebagai pendidik, meneruskan dan mengembangkan nilai-nilai hidup kepada anak didik. Tugas guru sebagai pengajar berarti meneruskan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi kepada anak didik. Tugas guru sebagai pelatih berarti mengembangkan ketrampilan dan menerapakannya dalam kehidupan demi masa depan anak didik.

Guru juga mempunyai kemampuan, keahlian atau sering disebut dengan kompetinsi profesional. Kompetensi profesional yang dimaksud tersebut adalah kemampuan guru untuk menguasai masalah akademik yang sangat berkaitan dengan pelaksanaan proses belajar mengajar, sehingga kompetensi ini mutlak dimiliki guru dalam menjalankan tugasnya sebagai pendidik dan pengajar.

Ada pepatah mengatakan, guru ibarat lilin, membakar diri untuk menerangi orang lain. Artinya, guru rela mengorbankan diri agar murid-muridnya memiliki pengetahuan dan sukses sebagai manusia. Tapi, yang bikin prihatin, tak sedikit murid yang suka menentang nasihat gurunya.

Padahal nasehat guru untuk muridnya diberikan agar si murid sanggup menjalani hidup yang kadang bikin sakit hati ini. Si guru yang lebih tua tentu lebih berpengalaman dalam soal hidup.

Percaya atau tidak, banyak nasehat dari guru yang berguna ketika si murid sudah dewasa kelak. Bahkan nasehat itu bisa membuat sang mantan murid meraih kesuksesan dalam dunia karir bila mempraktekkannya.

Kedekatan hati seorang pendidik dengan anak-anak perlu dijaga. Karena dengan adanya kedekatan hati dengan anak-anak didik, maka anak-anak didik pun akan semakin semangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Semakin baik kedekatan seorang pendidik dengan anak-anak didiknya, maka anak-anak pun akan semakin mau memperhatikan apa pun yang dikatakan dan diajarkan oleh pendidik.

Semoga bermanfaat,selamat hari guru 2018

Sumber : Berbagai sumber
Foto : [email protected]

 

 

Related posts

Pembangunan Rokan Hilir Semakin Meningkat Dan Indah

Celahkotanews

BPOM Provinsi Temukan Garam Tak Berizin Edar

Celahkotanews

40 Ribu Kendaran Bermotor Di Kota Dumai  Bisa Sebabkan Polusi Udara 

Celahkotanews

Leave a Comment