Berita Terbaru Lingkungan

Drainase Jalan BudiKemulian Dumai Tidak Berpungsi

2016-10-24_14-00-51
Kondisi Drainase Jalan Budikemulian Kota Dumai

Celahkotanews.com || Dumai – Melihat jalan yang berada  di Kecamatan Dumai Kota ini,yang kerap di sapu banjir serta genangan air,bila musim hujan dan pasang besar,dan hal ini juga sudah menjadi pemandang biasa bagi masyarakat Kota Duumai,tidak berpungsinya salauran air di jalan tersebut membuat daerah tersebut menbjadi salah satu tempat langganan banjir pasang keling,selain jalan yang berlobang hampir sebagain besar drainase yang berda di jalan budi kemulaian kelurahan laksemana tersebut di penuhi lumpur dan sampah.

Selain drainnase  tidak berpungsi dengan baik,sesuai pantauan celahkotanews.com  dilapangan drainase tersebut saat ini hampir rata dengan jalan bahakan di perparah lagi kondisi drainase cukup memprihatin selain berisikan sampah dan lumpur drainase tersebut merupakan draninase lama yang belum pernah tersentuh untuk perbaikan dari pemrrintah Kota Dumai.

Kurangnya perhatian oleh instansi terkait membuat drainase dan jalan budi kemulian seperti jalan yang tidak terawat.

Dengan tidak berpungisnya drainase di jalan tersebut sudah tentu membuat salauran air tidak dapat berpungi sebagai mana mestinya,di tambah dengan kondisi saat ini sudah barang pasti jika pasang dan hujan lebat mebuat sebagain besar jalan tersebut akan tergenang oleh banjir.

Jhon hendri Salah seorang masyarakat jalan budi kemulian mengatakan dengan kondisi drainase meraka saat ini banyak yang rusak serta aliran drainase tidak lancar,akibat tertimbun lumpur dan sampah,selain dengan itu juga kondisi drainase ini memang draninase lama.

“Khusunya kepada Pemerintah Kami mohon perhatiannya,untuk perbaikan drainase tersebut,karena hampir  sepanjang jalan ini drainase kami tidak berpungsi,sejauh ini memang belum pernah ada perbaikan baik jalan maupun drainase,hanya saja memang pernah ada untuk pengerukan lumpur namun hal ini tidak efektif,”Ujar jhon henri warga jlan budi kemulian (24/10).

Drainase merupakan salah satu fasilitas dasar yang dirancang sebagai sistem guna memenuhi kebutuhan masyarakat dan merupakan komponen penting dalam perencanaan kota (perencanaan infrastruktur khususnya).

Untuk mengatasi permasalahan infrastruktur tersebut diperlukan sistem drainase yang berwawasan lingkungan dengan prinsip dasar mengendalikan kelebihan air permukaan sehingga dapat dialirkan secara terkendali dan lebih banyak memiliki kesempatan untuk meresap ke dalam tanah.

Hal ini dimaksudkan agar konservasi air tanah dapat berlangsung dengan baik dan dimensi struktur bangunan sarana drainase dapat lebih efisien.

Pengembangan prasarana dan sarana drainase berwawasan lingkungan ditujukan untuk mengelola limpasan permukaan dengan cara mengembangkan fasilitas untuk menahan air hujan sesuai dengan kaidah konservasi dan keseimbangan lingkungan. Konsep inilah yang ingin mengubah paradigma lama dalam pembangunan drainase khususnya di perkotaan.

Selain itu pulu peran serta masyarakat untuk ikut aktif dalam melakukan pengawasan dan menjaga lingkungan, kerena peran serta masyarakat merupakan salah atu langkah awal untuk menjaga lingkungan  agar tetap  selalu bersih.(ckn)

 

Editor : Ckn

Penulis : Khairul iwan

Related posts

Dishub Dumai Tunggu Hasil Pemeriksaan Polisi Terkait OTT 

Celahkotanews

Kasus ,Suap DPRD Riau, Lahan dan Hektare Jadi Kode Pemberian Uang

Celahkotanews

Berkedok Butik Baju, Praktek Dokter Gigi Gadungan Digerebek Polisi

Celahkotanews

Leave a Comment