Berita Terbaru Ekonomi

Dinas Terkait Diintruksi Cek Peredaran Barang Impor

2017-08-28_16-16-36
Ilustrasi

CelahkotaNEWS.com || Dumai –  Walikota  Dumai, Zulkifli As memerintahkan instansi terkait untuk mengecek peredaran barang impor yang banyak terdapat disalah satu ritel atau   toko yakni serba Rp9.000 Jalan Budi Kemuliaan,yang  diduga tidak memenuhi standar dan tanpa izin kesehatan.

“Kita  belum tahu, nanti akan dicek oleh instansi terkait,” kata Wali kota Zulkifli saat dikonfirmasi

Pantauan toko modern serba Rp9.000 baru beroperasi beberapa bulan terakhir ini diduga menjual produk luar negeri berupa pecah belah, mainan, peralatan rumah tangga, dapur, bengkel, elektronik dan kosmetik serta lainnya.

Namun, untuk produk pakai kosmetik berupa sabun, shampoo, pasta gigi dan detergen diduga tidak memiliki label resmi dari Balai Pengawas Obat Makanan (BPOM) dan standar nasional Indonesia (SNI).Bahkan masuknya barang impor tersebut dipertanyakan legalitasnya oleh masyarakat.

Terkait penindakan Kepala Satpol PP Dumai Bambang Wardoyo mengaku siap meninjaklanjuti instruksi wali kota dan akan berkoordinasi dengan dinas perdagangan, dinas perizinan terpadu satu pintu dan dinas kesehatan setempat.

Disebutkan,sebelum diambil langkah tindakan perlu dilakukan peninjauan bersama instansi terkait untuk memastikan peredaran produk luar negeri tanpa izin BPOM dan SNI tersebut.

“Kita harus cek dulu  bersama sama dan satpol pp siap menertibkan usaha  yang tidak mengikuti ketentuan peraturan daerah ini ,” tegas nya

Sementara Kepala Dinas Perdagangan Dumai Zulkarnaen akan meneruskan laporan jika ada warga menemukan produk impor ilegal dengan berkoordinasi instansi berwenang di provinsi dan BPOM.

“Kita tidak ada kewenangan pengawasan produk impor, karena dibawah provinsi, tapi untuk meneruskan laporan masyarakat bisa dilakukan dengan turun bersama untuk memeriksa,” sebut dia

Sedangkan Kepala Dinas Pelayanan Terpadu dan Penanaman modal Hendri Sandra  siap menindaklanjuti persoalan ini jika mereka terbukti bersalah yang terpenting ada referensi.(Pie)

Penulis : Depie

Editor : CKN

 

 

 

Related posts

Musda Ke-V Partai Golkar, Sejumlah Nama Calon Ketua Mulai Bermunculan

Celahkotanews

PT Nagamas Palmoil Lestari gelar Operasi Pasar 3000 Liter Minya

Celahkotanews

Pakan Ternak Sapi Sulit di Dapatkan,Pemko Dumai Minta Perusahaan Berpatisipasi

Celahkotanews

Leave a Comment