oleh

Desas Desus Hubungan Walikota  Dumai dan Sekda tidak Harmonis

2016-12-07_21-40-09

Celahkotanews.com || Dumai – Kota Dumai saat ini kembali diterpa Isu kabar retaknya hubungan Walikota Dumai, Zulkifli As dengan Sekretaris Daerah, Said Mustafa. Dengan beredar dan berkembang nya persoalan ini ditengah masyarakat kian hari menjadi pembicaraan hangat,mulai kalangan pejabat hingga masyarakat, sehingga mengundang ragam pendapat positif dan negatif.

Dampak dari dugaan tidak harmonisnya hubungan kedua pejabat ini berimbas kepada belum juga terbentuknya Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Tidak hanya sampai disitu saja,hal ini juga mempengaruhi terlambatnya pembahasan Anggaran Pendapatan  Belanja Daerah(APBD) tahun 2017.

Akibat persoalan ini,sudah mulai pula ada suara dari sebagian masyarakat agar walikota yang memiliki‎ hirarki Walikota selaku Kepala Pemerintahan Daerah mempunyai hak preogratif dan wewenang penuh dalam menentukan kabinet kerja untuk mendukung visi – misi pembangunan selama dirinya menjabat,segera mengganti Sekda kota Dumai.

‎Tetapi hal ini tidak mudah bisa dilakukan oleh walikota saat ini pasalnya secara undang – undang dan peraturan lainnya menyebutkan jika pejabat tinggi daerah dalam hal ini Sekretaris Daerah tidak dapat diganti begitu saja berdasarkan azas suka atau tidak suka.

Hal ini diperkuat dengan ‎peraturan pemerintah surat edaran Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara – Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Nomor 5 tahun 2015 pasal 152 bahwa selama 2 tahun setelah dilantiknya Kepala Daerah terpilih, tidak dibenarkan mengganti pejabat tinggi daerah -Sekda,terkecuali tersandung persoalan hukum.

Terkait persoalan yang saat ini telah menjadi pembicaraan hangat mulai dari warung kopi hingga perkantoran-perkantoran dikota Dumai, membuat ketua DPC Partai  Gerindra Iskandar Hasan angkat bicara disela kesibukanya saat di jumpai celahkotanews.com iskandar  menyampaikan rasa  kekhawatiran akan kondisi ini akan menciptakan situasi yang tidak kondusif baik dari roda kepemerintahan bahkan kepada kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah.

“Saya selaku ketua DPC Partai Gerindra dumai sangat mengharapkan sikap bijak dari pemerintah dalam hal ini walikota agar segera memberikan kejelasan kepada publik terkait isu yang mulai center diperbincangkan. Hal ini jangan sampai berdampak pada situasi tidak kondusif nya roda kepemerintahan dimata masyarakat,”ujar iskandar

Ditambahkan lagi oleh ketua DPC Gerindra ini, berharap agar walikota jangan membiarkan persoalan ini berlarut-berlarut sehingga berdampak juga nantinya kepada kinerja pemerintah yang berujung pada hal-hal yang tidak diinginkan.”tutup Iskandar.(ckn)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.