Berita Terbaru Sosial dan Budaya

Dedah Bandar Bakau Ekspedisi Dari Makam Datuk Kedondong Menuju Paradigma Baru

IMG_6572
Rizal Akbar Sekjen PMD Didampingi Atar Ewok menyambut kedatangan Walikota Dumai Dalam kegiatan Dedah Bandar Bakau Ekspedisi Dari Makam Datuk Kedondong Menuju Paradigma Baru,17/04/16

Celahkotanews.com || Dumai – Salah satu komunitas pencinta alam di kota Dumai Muhammad Darwis sebagai pengelola hutan bakau mengundang Walikota Dumai Zulkifli As dalam acara “Dedah Bandar Bakau Dan Ekspedisi Makam Datuk Kedondong Menuju Paradigma Baru Dalam Dunia Sejarah Dan Budaya Di Kota Dumai” di Bandar Bakau Jalan Nelayan Laut. Minggu (17/3/2016)

Kegiatan ini di hadiri Walikota Dumai Zulkifli As, Anggota DPRD Riau Edy Moh. Yatim, Plt. Ketua LAMR Dumai,Zainal Efendi, Sekjend Persekutuan Masyarakat Dumai (PMD) H. M. Rizal Akbar, Kadis BUDPARPORA Bpk. Dermawan, Tokoh Masyarakat, Tokoh – Tokoh Seni dan Budaya Kota Dumai, Forum Mahasiawa Islam Dumai, dan Masyarakat Tempatan.

Zulkifli As (Walikota Dumai) Dalam Sambutan Mengatakan “Acara ini cukup menarik untuk kita semuanya karena banyak mengungkap nilai-nilai sejarah kota Dumai secara umum, Nilai yang perlu ditanamkan, kepada generasi penerus, sejarah harus digali dari asal muasal, ini perlu kita seminarkan sehinga masyarakat Dumai Haqqul yakin dengan sejarah dinegeri Dumai negeri putri tujuh ini. Bagi yang memiliki kapasitas intelektual silahkan berinovasi dan berbuat untuk mengangkat marwah masyarakat negeri ini. Saya walikota Dumai akan berkoordinasi dengan pimpinan daerah tetangga (Bengkalis, Rohil) dalam membangun wilayah masing-masing yang saling menguntungkan.”Kata walikota Dumai

Zulkifli As juga menjelaskan dan berterimakasih kepada pengelola bandar bakau, yang sudah mau menjaga kelestarian bandar bakau di kota Dumai sehingga hal ini juga sudah mengangkat martabat kota Dumai di mata nasional atau pun internasional atas prestasi yang ditoreh dalam menjaga kelestarian bandar bakau ini selain Pemerintah Kota dumai siap mendukung Program-program dalam dunia wisata budaya yang ada dikota Dumai ini.” Jelas walikota
selain itu Walikota juga mengajak SKPD terkait agar berkoordinasi kepada pengelola bandar bakau untuk bekereja sama untuk mewujudkan dumai sebagai kota wisata hutan bakau di provinsi riau ini dengan membuat program – program peningkatan wisata alambudaya yang ada di kota Dumai.
Setakad ini Pemerintah Kota dumai juga Menghimbau Kepada lapisan Masyarakat agar dapat menggali Potensi – potensi untuk membuat cendara mata khas dari kota Dumai,sebagaimana yang diketahui Pula hanya keripik cabe menjadi buah tangan dari kota Dumai.

Semantara itu Pengelola Hutan wisata bahari bandar bakau muhammad menyampaikan
“Kerena bandar bakau ini bediri di teritorial wilayah PT.Pelindo I Darwis berharap pemerintah daerah (Pemko Dumai) dapat membebaskan bandar bakau ini agar dikelola oleh Pemerintah kota Dumai dengan cara membuat MoU Kesepakatan, saya juga memohon kepada Pak Walikota agar dapat memperhatikan selalu bandar bakau ini melalui instansi – instansi terkait Dan saya berharap juga pada dinas Pariwisata agar dapat mengelola situs-situs peninggalan sejarah agar dapat menjadi sarana edukasi bagi dunia pendidikan dan masyarakat kota Dumai itu sendiri bertujuan untuk membangun kreativitas khususnya pemuda pemudi kota dumai.”tegas Darwis

Kegiatan ini juga mendapat dukungan Dari persekutuan Masyrakat dumai H. Rizal Akbar (Sekjend Persekutua Masyarakat Dumai)
“Untuk menggali jejak sejarah dalam ekspedisi makam datuk kedondong saya sudah mengkaji Poin-poin dari bentuk makam yaitu dari bentuk batu nisan yang saya ketahui dari penelusuran google batu itu berasal dari Aceh dari abad 15 sampai abad 18, berarti selain kerajaan Siak terdapat juga kerajaan Aceh yang menduduki pesisir pantai yang ada dikota Dumai ini, saya berharap kepada Pemko Dumai agar dapat mendatangkan pakar-pakar sejarah dari luar agar dapat menggali lebih dalam lagi informasi-informasi yang real tentang situs-situs peninggalan sejarah yang ada dikota Dumai ini,” Tutup Rizal akbar.(Ckn)

Laporan : Khairul iwan

Related posts

Vaksin Palsu Beredar DiPekanbaru

Celahkotanews

Bantuan Dari MPC Pemuda Pancasila Dumai Meluncur Ke Aceh

Celahkotanews

Tingkatkan Kemampuan dan Efisiensi Nelayan, HSNI Dumai Gelar Pelatihan

Celahkotanews

Leave a Comment