Berita Terbaru Ekonomi

BPH Migas Tetapkan Harga jaringan Gas Murah Di 11 kabupaten/kota

celahkotaNEWSW.com || BPH Migas menetapkan harga jaringan gas di bawah harga pasar gas LPG 3 kg dan 12 kg untuk memperluas akses masyarakat terhadap energi.
Penetapan harga migas itu diberlakukan pada 11 kabupaten/kota berdasarkan hasil Sidang Komite terakhir.

Ini terdiri dari harga untuk Rumah Tangga (RT) 1 dan Pelanggan Kecil (PK) 1. Harga yang dimaksud adalah Rp4.250/m3, atau lebih murah dari harga pasar LPG 3 kg yakni Rp4.511/m3 sampai dengan Rp6.266/m3.

Sedangkan untuk RT 2 dan PK 2 harga jargas sebesar Rp6.000 atau lebih murah dari pasar gas LPG 12 kg yang berkisar Rp9.398-Rp12.531.

Kepala BPH Migas Fanshurullah Asa menyampaikan sebelum ditetapkan dalam Sidang Komite, telah dilakukan tahapan yang meliputi verifikasi lapangan dan konsultasi publik yang melibatkan Kementerian ESDM, pemerintah daerah dan lembaga swadaya masyarakat.

“BPH Migas berprinsip mewujudkan keseimbangan antara Badan Usaha dalam memperoleh keuntungan yang wajar dan tetap menjaga keandalan dan keamanan layanan Jargas dengan masyarakat dan usaha kecil,” kata Fanshurullah dalam rilisnya,dikutip dari halaman CNNindonesia.com  Kamis (7/11).

Dengan penetapan harga jual itu, kata Ifan, BPH Migas sudah menetapkan harga jargas di bawah harga pasar LPH 3 kg dan 12 kg untuk 50 kabupaten/kota.

BPH Migas menyatakan total penerima manfaat jargas mencapai 564.445 sambungan rumah (SR)  pada tahun ini dari target RUEN sampai dengan 2025 sebanyak 4,7 juta SR.

“Ini merupakan bentuk komitmen untuk mewujudkan keadilan energi untuk masyarakat sekaligus untuk mengurangi defisit neraca perdagangan migas” tegas Ifan.

Ifan menuturkan selain harga lebih murah, penggunaan jargas lebih aman dan efisien. Selain itu, kata dia, ramah lingkungan dan punya kualitas layanan baik.

Kabupaten/Kota yang ditetapkan harga jargas:

1. Kota Cirebon, Jawa Barat,
2. Kabupaten Cirebon, Jawa Barat,
3. Kabupaten Karawang, Jawa Barat,
4. Kabupaten Lamongan, Jawa Timur,
5. Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur,
6. Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur,
7. Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur,
8. Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah,
9. Kabupaten Wajo,Sulawesi Selatan,
10. Kota Dumai, Riau
11. Kota Jambi, Jambi (asa/gn)

sumber : CNNindonesia.com

foto :
Ilustrasi. (Foto: ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Related posts

Wilmar Group Gelar Pelatikan AK3 Kebakaran di Dumai

Celahkotanews

3 Besar Nominasi Calon sekda dumai Mencuat

Celahkotanews

Pencanangan IBI KB Kes Tingkat Kota Dumai Dibuka Secara Resmi Oleh Wako

Celahkotanews

Leave a Comment