Berita Terbaru Gaya Hidup dan Kesehatan

Benarkah? Permen Karet yang Tak Sengaja Tertelan Bisa Menempel di Usus

29bd8903-bccc-47d9-a77b-18ba7dd948fe_169
Foto: Getty Images

Celahkotanews.com || Khususnya pada anak-anak, orang tua kerap melarang mereka memakan permen karet. Alasannya, jika tertelan akan berbahaya dan bisa menempel di lambung bahkan usus dalam waktu bertahun-tahun. Nah, sebenarnya, apa yang terjadi pada tubuh ketika tak sengaja menelan permen karet?

“Tubuh bisa memecah beberapa bahan pemanis dan perasa dalam permen karet. Sisanya, akan dikeluarkan lewat sistem pencernaan. Meski begitu, Anda tetap harus berhati-hati saat makan permen karet dan khususnya pada anak yang belum cukup umur, jangan dulu beri mereka permen karet,” kata Gerry Mullin, MD, profesor kedokteran di Johns Hopkins Hospital.

Sementara, Nancy McGreal, MD, pakar gastroenterologi di Duke Medicine mengatakan bahan dasar yang membuat permen karet menjadi lengket seperti karetlah yang sulit dicerna dalam tubuh. Sebab, ‘bahan karet’ tersebut tidak mudah larut seperti biji atau kulit buah sehingga tubuh sulit untuk memecahnya.

Tapi, menurut McGreal, permen karet yang tertelan tidak seperti permen karet yang menempel di sepatu atau trotoar. Sebab, permen karet yang menempel di sisi perut atau usus perlu waktu lebih lama untuk menemukan jalan melewati tubuh. Di mana cara tersebut yakni dengan menempel pada sisa makanan yang dicerna hingga akhirnya berhasil keluar dari tubuh.

“Bahkan selama saya menjadi dokter, belum pernah saya lihat permen karet benar-benar menempel lekat di usus seseorang,” kata McGreal seperti dikutip dari Women’s Health dan ditulis pada Rabu (18/11/2015).

Kondisinya berbeda jika Anda mengidap penyakit Crohn atau divertikulitis yang menyebabnya penyempitan di usus. Permen karet yang tertelan menurut McGreal bisa menimbulkan risiko karena melewati area yang amat ketat. Pada kasus yang jarang terjadi, permen karet bisa menyumbat usus dan mengakibatkan kram, sembelit, serta masalah perut lainnya.

McGreal mengingatkan agar seseorang senantiasa berhati-hati ketika memakan permen karet. Tapi, bukan berarti pula seseorang dilarang makan permen karet karena bagaimanapun, mengunyah permen karet juga punya manfaat kesehatan. Kegiatan mengunyah bisa mengaktifkan kelenjar air liur yang dapat membantu menteralkan asam dan baik untuk memperlancar proses pencernaan.(C1/internet)

Related posts

Hiburan Malam Hari Besar Keagaman Harus Tutup

Celahkotanews

Bupati Rohil Setuju Pemekaran Daerah

Celahkotanews

Disparpora Usul Bantuan Dana Pusat 15 M

Celahkotanews

Leave a Comment