oleh

Aksi Bersih Pantai dan Penanaman 1000 Bibit Mangrove,selamatkan pesisir dari kepunahan

DSC_0474-800x550
MAHASISWA,CAMAT DAN INSTANSI TERKAIT MELAKSANAKAN AKSI BERSIH PANTAI DAN PENANAMAN BIBIT MANGROVE

CELAHKOTANEWS.COM || Dumai – Mahasiswa Universitas Islam Riau (UIN) Suska Angkatan ke XXXIX/39 Tahun 2015 mengelar Aksi Bersih Pantai dan aksi penanaman bibit Mangrove dihutan wisata bandar bakaw (8/9)

Aksi Bersih Pantai dan Pengkayaan Keanekaragaman Hayati merupakan bentuk kegiatan kunjungan kerja nyata (KUNKERTA) dan berakhirnya Kunkerta Mahasiswa di kecamatan Dumai Barat.

Camat Dumai Barat Zaenal Mengatakan,” Kondisi Mangrove Kota Dumai kini semakin hari semakin menipis akibat ulah oknum yang tidak bertanggung jawab, dimana kelestarian ini bukan hanya menjadi perhatian masyarakat tetapi campur tanggan pemerintah untuk memperhatikan kelestarian dan manfaat mangrove yang berada dipesisir pantai kota dumai ini.

Aksi bersih pantai yang dilakukan mahasiswa dikecamatan Dumai Barat keseluruhan berjumlah 89 orang.

“Kami mahasiswa yang berasal dari dumai ingin memberikan edukasi kepada teman2 diluar daerah, untuk melihat langsung kondisi riil dimana saya sebagai putra Dumai sendiri menginginkan agar pesisir kota dumai tetap terjaga kelestariannya, Bersahabat dengan Alam, dengan cara menanam jenis bakau untuk menjaga kelestarian Aksi bersih pantai,”ucap ketua Pelaksana aksi bersih Rio ridho Mahesa.

Ketua Pencinta Alam Bahri Darwis dalam sambutannya juga menyampaikan, kelestarian Bandar bakau ini merupakan wujud menjaga salah satu situs Legenda Putri tujuh yang merupakan situs Budaya.

Dia juga memaparkan kegiatan aksi bersih juga sudah sering dilaksanakan dan mengundang banyak penelitian,penelitian yang datang, tentu menjadi suatu kebanggaan bahwa Dumai merupakaan pemilik jenis Mangrove terbanyak diindonesia.

Ditambah Kabid kehutanan Hadiyono, Kita mengharapkan kegiatan ini tidak hanya simbolis, tetapi terus dilaksanakan pelestarian, dimana PAB bersama masyarakat terus eksis menjaga kawasan ini.

Sementara itu Kabid Pariwisata Suwandi menuturkan, turut apresiasi kepada adik – adik mahasiswa UIN dalam aksi bersih pantai, dimana sebelumnya juga ada kegiatan sadar wisata yang dilaksanakan provinsi riau, dimana bandar bakau ini merupakan salah satu kawasan konservasi dengan jenis mangrove terbesar diindonesia.
“Insallah perlahan kedepan kita akan membangun dan mendukung pembangunan Bandar bakau ini,”ucapnya.

Aksi bersih yang dilaksanakan mahasiswa UIN bersama kabid pariwisata, kabid kehutanan,Camat Dumai barat selanjutnya melakukan penanaman bibit pohon mangrove diareal pesisir kawasan wisata hutan bandar bakau untuk selalu dapat menjaga kelestarian lingkungan dan menjaga pesisir tetap asri.(**k)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.