Berita Terbaru Gaya Hidup dan Kesehatan

29 Ribu Tenaga kerja Dumai Terdaftar Di BPJS Ketenagakerjaan Dumai

2016-10-28_12-14-44
Muhamad Riadh : Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Dumai

Celahkotanews.com II Dumai – Sesuai dengan skala sejak tanggal 1 Juli 2015 yang lalu setiap perusahaan wajib mendaftarkan pekerjanya kepada BPJS Ketenagakerjaan untuk mengikuti program jaminan kecelakaan kerja, program jaminan hari tua, program jaminan pensiun, dan program jaminan kematian secara bertahap.

Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (UU BPJS), secara tegas menyatakan bahwa BPJS yang dibentuk dengan UU BPJS adalah badan hukum publik. BPJS yang dibentuk dengan UU BPJS adalah BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

Kedua BPJS tersebut pada dasarnya mengemban misi negara untuk memenuhi hak konstitusional setiap orang atas jaminan sosial dengan menyelenggarakan program jaminan yang bertujuan memberi kepastian perlindungan dan kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

BPJS Ketenagakerjaan menurut UU BPJS berfungsi menyelenggarakan 4 program, yaitu program jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua, jaminan pensiun, dan jaminan kematian.

Menurut UU SJSN program jaminan kecelakaan kerja diselenggarakan secara nasional berdasarkan prinsip asuransi sosial, dengan tujuan menjamin agar peserta memperoleh manfaat pelayanan kesehatan dan santunan uang tunai apabila seorang pekerja mengalami kecelakaan kerja atau menderita penyakit akibat kerja.

Selanjutnya program jaminan hari tua diselenggarakan secara nasional berdasarkan prinsip asuransi sosial atau tabungan wajib, dengan tujuan untuk menjamin agar peserta menerima uang tunai apabila memasuki masa pensiun, mengalami cacat total tetap, atau meninggal dunia.

Kemudian program jaminan pensiun diselenggarakan secara nasional berdasarkan prinsip asuransi sosial atau tabungan wajib, untuk mempertahankan derajat kehidupan yang layak pada saat peserta kehilangan atau berkurang penghasilannya karena memasuki usia pensiun atau mengalami cacat total tetap.

Jaminan pensiun ini diselenggarakan berdasarkan manfaat pasti.

Sedangkan program jaminan kematian diselenggarakan secara nasional berdasarkan prinsip asuransi sosial dengan tujuan untuk memberikan santuan kematian yang dibayarkan kepada ahli waris peserta yang meninggal dunia.

Sementara itu Muhamad Riadh kepala BPJS Ketenaga kerjaan Cabang Kota Dumai mengakui Dari tiga wilyah yang dua Kabupaten satu kota mencapai 34 Ribu tenaga kerja yang terdaftar semnetra itu untuk kota dumai dumai sendiri 29 ribu tenga kerja yang terdaftar.

Sementara  itu Kepala BPJS ketenagakerjaan kota dumai juga menyampaikan untuk setiap hak karyawan seharusnya harus didaftarkan dengan kategori upah Yang sebenarnya yang di dapatkan oleh setiap pekerja,selain itu pula untuk ketentuan gaji yang di laporkan kepada BPJS ketenaga kerjaan mengaju pada perusahaan –perusaahaan menengah keatas sesuai dengan dan berdasarkan Upah minimum Provinsi (UMP) yang di tetapkan oleh Provinsi,selain itu pula jika ada upah di bawah dari dasar UMP tersebut BPJS ketenaga Kerjaan akan melakukan pemberitahuan dan menyurati pihak perusahaan  untuk menyesuaikan Upah yang berlaku saat itu.

“ Dari tiga wilayah dua Kabupaten satu Kota jumlah tenaga kerja yang terdaftar sebanyak 34 Ribu tenaga kerja,sedangakan untuk Kota dumai sendiri jumlah tenaga kerja yang terdaftar di BPJS ketenagakerjaan sebanyak 29 ribu tenaga kerja  secara umum,”Ujar Muhamad riadh

Selain itu pula Muhamad riadh  Juga menyapaikan Hak dari setiap perkerja berhak untuk memproleh jaminan sosial ketenagakerjaan.

“Setiap Pekerja berhak mendapat jaminan keselamaatan kerja,Dan setiap perusaan wajib mendaftarkan tenaga kerjanya ke BPJS sesuai dengan ketentuan Upah Minimum Provinsi,(UMP) Jika upah Tenga Kerja tersebut dibawah dari Ketentuan Kita akan melakukan pemberitahuan atau menyurati Puhak perusahaan atau pihak pemberi kerja agar Upah tenaga kerja tersebut di sesusikan dengan Upah Minimum Provinsi (UMP),” Terang Muhamad Riadh Kepala BPJS Ketenagakerjaan dumai.

Penyelenggaraan jamianan sosial yang adekuat dan berkelanjutan merupakan salah satu pilar Negara kesejahteraan, disamping pilar lainnya, yaitu pendidikan bagi semua, lapangan pekerjaan yang terbuka luas dan pertumbuhan ekonomi yang stabil dan berkeadilan.(Ckn)

 

Editor : ckn

Penulis : Kahirul iwan

Sumber : Dari Berbagi sumber

Related posts

Giliran Polda Riau Diminta Penjelasan Komnas HAM

Celahkotanews

Menpan RB Asman Abnur: Kalahkan Malaysia di Sektor Pariwisata!

Celahkotanews

Pekerjaan Tenaga asing PT.Paramita Bangun Sarana di Demo,ARB

Celahkotanews

Leave a Comment