oleh

Tedros Adhanom Ghebreyesus, ingatkan agar semua Negara Harus Bersiap menghadapi Virus corona (COVID-19)

celahkotaNEWS.com – Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengingatkan agar semua negara harus bersiap menghadapi Virus corona (COVID-19). Bahkan negara maju yang belum melaporkan kasus.

Menurutnya, tak boleh ada negara yang yakin akan terbebas dari ancaman virus ini. “Jangan ada negara yang beranggapan tidak akan mendapatkan kasus. Ini bisa menjadi kesalahan yang fatal,” kata Tedros dalam temu media seperti dikutip dari Reuters, Jumat (28/2/2020).

“Virus ini tidak menghormati batas antarnegara, tidak membedakan ras atau etnis, dan tidak memedulikan tingkat pendapatan atau perkembangan suatu negara,” lanjutnya.

Lebih lanjut Tedros menjelaskan kemampuan penyebaran virus yang bergerak cepat dicontohkan pada kasus di Iran, Italia, dan Korea Selatan. Negara-negara yang belum atau baru melaporkan kasus diimbau agar bergerak cepat dan agresif untuk mencegah hal serupa.

“Semua negara harus siap untuk kasus pertama, kluster penyebaran pertama, dan bukti pertama penyebaran di antara komunitas. Harus ada langkah untuk semua skenario tersebut,” kata Tedros.

Sejauh ini dunia melaporkan sudah ada lebih dari 83 ribu kasus virus corona yang terkonfirmasi dan sekitar 2.800 di antaranya meninggal dunia. Menurut WHO  jumlah kasus baru belakangan lebih banyak datang dari luar China.

Indonesia sendiri hingga saat ini belum melaporkan kasus virus corona. Pemerintah lewat Kementerian Kesehatan membantah tegas isu miring kasus disembunyikan atau laboratorium tidak mampu mendeteksi virus.(detikhealth)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.