oleh

Pemko Dumai Terapkan Absensi Dengan QR-Qode

celahkotaNEWS.com – DUMAI– Untuk meningkatkan kedisiplinan para aparatur sipil negara (ASN) Pemerintah Kota Dumai akan menerapkan sistem absensi digital.

Mulai1 September 2021 (hari ini, red) , Pemerintah Kota (Pemko) Dumai telah melaksanakan presensi dan absensi melalui secara QR-Code (e-Absensi) untuk seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Tenaga Kerja dengan Perjanjian Kontrak (TKPK) dilingkup Pemko Dumai.

” Dengan absensi digital menggunakan QR-Code ini, nantinya ASN harus masuk ke kantor untuk melakukan absensi dimana setiap absensi akan terdata pukul berapa ASN masuk dan pulang kerja,” ujar Kepala Dinas Komunikasi informatika dan (Diskominfo) H. Khairil Adli.

Dikatakan Adli dengan absenai QR-Qode ini diharapkan akan lebih menertibkan ASN di pemerintahan Kota Dumai sebagaimana yang diharapkan Wali Kota Dumai, agar pelayanan kepada masyarakat lebih maksimal lagi, tambahnya.

Nantinya setiap ASN maupun TKPK akan memiliki data sendiri dan tidak bisa digandakan. Dengan kata lain setiap ASN dan TKPK akan absen secara personal dan tidak bisa saling titip, ujar Adli.

Penerapan absensi digital ini diatur didalam Surat Edaran Walikota Dumai Nomor :863/1271/DISKOMINFO, Prihal Pelaksanaan Absensi dalam rangka pelaksanaan efektifitas Peraturan Wali Kota Nomor 8 Tahun 2021 tentang Pemberian Tambahan Penghasilan Aparatur Sipil Negara Dilingkungan Pemerintah Kota Dumai.

” Berkenaan dengan hal tersebut, diminta kepada pihak terkait yaitu Sekretaris Daerah, Inspektur, Sekretaris Dewan, Kepala Badan, Kepala Dinas, Kepala Pelaksana (Kalaksa), Camat, dan Kepala Bagian hal-hal untuk mendukung pelaksanaan e-absensi ini,” imbau Adli.

Setiap perkantoran pemerintahan harus mempersiapkan perangkat monitor dan kabel HDMI yang terintegrasi dengan komputer tata usaha pada OPD masing-masing.

Kepala dinas, badan,kantor diminta untuk menginstruksikan kepada seluruh ASN di OPD masing untuk mengaktifkan SmartPhone sebagai perangkat pendukung aplikasi e-Absen.

Semoga, dengan pelaksanaan e-Absensi ini kedisiplinan ASN dan TKPK dilingkup Pemko Dumai semakin meningkat sehingga dapat mendukung program reformasi birokrasi. (xnewss)

News Feed