oleh

Mahasiswi Indonesia Meninggal Tenggelam di Jerman,Jenazahnya segera Dipulangkan Ketanah Air

FRANKFURT – Seorang mahasiswi asal Indonesia meninggal karena tenggelam di Jerman. Saat ini, pemulangan jenazah mahasiswi tersebut masih diproses.

Berdasarkan keterangan tertulis dari KJRI Frankfurt, mahasiswi yang ditulis berinisial SPDP itu tenggelam saat berenang di Danau Trebgas Badesse, Bayreuth, Bavaria, Jerman. Pada 10-11 Agustus 2018, KJRI Frankfurt mengunjungi Bayreuth dan menemui pihak kepolisian serta aparat lokal.

KJRI Frankfurt juga berkoordinasi dengan kantor catatan sipil setempat untuk memperlancar penerbitan surat kematian. KJRI juga mengunjungi apartemen mahasiswi tersebut untuk mengumpulkan dokumen.

“Sesuai ketentuan di Jerman, untuk jenazah yang meninggal selain di rumah sakit atau di rumah, maka perlu dilakukan proses otopsi terlebih dahulu sebelum jenazah dikuburkan. Penanganan jenazah saat ini masih berada dalam otoritas Pemerintah Jerman,” demikian keterangan dari KJRI Frankfurt, Selasa (14/8/2018), dikutip detik.

Autopsi berlangsung pada Senin (13/8) kemarin dan saat ini KJRI Frankfurt sedang menunggu hasilnya. KJRI juga telah berkoordinasi dengan Direktorat Perlindungan WNI dan BHI Kemlu terkait proses pemulangan jenazah kepada pihak keluarga di Indonesia.

Dirjen Perlindungan WNI Kemlu Lalu Muhammad Iqbal menyampaikan rasa dukacita atas meninggalnya mahasiswi tersebut. Dia menyatakan pemerintah siap membiayai kepulangan jenazah.

“Kami sangat prihatin dengan kejadian ini. Kami ikut merasakan kesedihan keluarga,” kata Lalu M Iqbal.(*)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed