oleh

Dari Limbah Paralon,Siswa SMA YKPP diDaulat Wakili Riau Ke FLS2N Tingkat Nasional

2017-09-08_14-53-54
Dari Limbah Paralon , Siswa SMA YKPP diDaulat Wakili Riau Ke FLS2N Tingkat Nasional

 

 

CelahkotaNEWS.com || DUMAI-Dalam rangka Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat provinsi Riau, Siswa SMA YKPP Dumai kembali menorehkan prestasi gemilang bagi sekolah.Prestasi kali ini diraih Firadus Saputra meraih juara dalam lomba Seni Kriya Putra ajang FLS2N di tingkat Provinsi.

Atas prestasi tersebut Firdaus Siswa SMA YKPP Dumai didaulat mewakili FLS2N  Riau  menuju tingkat Nasional yang dijadwalkan(23-30 September 2017 ) mendatang di Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT)  akan  diikuti 34 PROVINSI SE Indonesia.

Firdaus  berhasil merebut Juara  setelah berhasil menyisihkan para pesaingnya yang berasal dari 12 Kabupaten dan Kota se PROV Riau.”Saya bersyukur bisa lolos untuk mewakili Riau ke tingkat nasional. Usaha dan latihan selama  2 bulan lebih  telah membuahkan hasil yang manis. Semua karena izin Allah dan bimbingan dari guru pembina .”

Diceritakan Firdaus siswa kelas XII IPS 1 itu dari proses seleksi mulai tingkat kota,provinsi hingga terpilih ke tingkat nasional memang tidaklah mudah .” Wahh seperti mimpi saja kak” ucap siswa bertubuh tinggi itu.

 

Menurut Firdaus sedari tingkat kota saja saya harus bersaing dengan ratusan siswa SMA se- Kota Dumai.Namun saya percaya diri akan lolos sebab  saya menampilkan karya seni  yang unik dan berbeda dengan peserta lainnya namun tetap sesuai  tema yang ditentukan.

Diajang festival ini, karya yang saya buat adalah lampu hias yang berasal dari limbah pipa paralon bekas yang proses nya dibakar. Lampu hias yang saya buat bermotif kelok pakis sesuai tema yang ditentukan dan mencirikan khas daerah.

Setelah dinilai dewan juri alhamdulillah hasil Seni Kriya putra saya mendapatkan poin nilai tinggi sehingga lolos menuju tingkat provinsi.

Ditingkat provinsi pada seni Kriya putra saya juga membuat lampu hias dengan motif Table Lamp Pucuk Rebung yang diberi waktu 5 jam oleh dewan juri.

Alasan mengadopsi motif tersebut karena pucuk rebung merupakan salahsatu dari beberapa jenis motif dari motif melayu.Ada tiga bagian yang digabungkan menjadi satu kesatuan dari tiap bagian itu 2 bagian bawah dan tengah melambangkan kelopak yang mulai tumbuh sedangkan satu kelopak melambangkan mahkota kuncup dari pucuk rebung itu sendiri.Bahkan dari sisi pencahayaan juga kita mainkan sehingga menarik perhatian seluruh dewan juri.

Keberhasilan ini  berkat  dorongan serta bimbingan dari guru pembina yakni bapak Syafi’i , Hanna Pertiwi dan Nur Afandi.Berkat kerja keras mereka saya tetap bersemangat dan optimis untuk meraih kemenangan walaupun awalnya sempat ngedrop atau takut , kata firdaus

Rincian pemenang  FLS2N Riau  siswa asal SMA YKPP sebagai berikut  Farid Sonang Hasanah juara tiga bidang solo Song, Bidang Kriya Putra  juara pertama firdaus Saputra dan  Widi Mustika Wiranti  bidang desain poster.

Persiapan yang dilakukan  menuju tingkat Nasional ini  salahsatu guru pembimbing  Hanna Pratiwi didampingi Syafi’i mengatakan sedang melakukan  pematangan ilmu sebab dia akan bersaing dengan 34 provinsi SE Indonesia.

“Prestasi yang diraih ini  tentunya sangat bahagia karena dapat meraih gelar juara pertama, namun jerih payah mereka sebelumnya juga patut dihargai dan diacungi jempol. Selain latihan, pastinya mental juga perlu disiapkan dalam menghadapi peserta lain yang mestinya juga tak kalah bagus. Maka dari itu, persiapan yang maksimal harus dijalani saat sebelum lomba tingkat nasional September mendatang .”

Sedangkan kepala sekolah SMA YKPP Dumai Sulisnur SE AK sangat bangga dengan prestasi yang  ditoreh siswa, semoga prestasi ini dapat memotivasi  siswa lain. Semoga ditingkat nasional kali ini kita berhasil memperoleh kemenangan.” Semangat anak anak ku kalau pasti bisa .” (pie)

Penulis : Depie

Editor : Joeyibas

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed