oleh

Jelang Peresmian SPAM, Wako Dumai Tinjau Kesiapan 

‎celahkotaNEWS.com || DUMAI– Dijadwalkan, pada Rabu (28/10/2020), proyek air minum hasil kerjasama dengan PT Adhi Karya dan Adaro Konsorsium merupakan kontraktor pelaksana Sistiem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kota Dumai, akan mengaliri rumah warga di 4 kelurahan.

Menjelang peresmian tersebut, Walikota Dumai, Zulkifli AS didampingi Plt Kadis PUPR Dumai, Zulkarnain, dan Rombongan lainnya meninjau lokasi peresmian SPAM tepatnya di mesjid ‎Nurul Yaqin, jalan Paus kelurahaan Pangalan Sesai kecamatan Dumai Barat, pada Selasa (27/10/2020) kemarin.

Walikota Dumai, Zulkifli As ‎mengungkapkan, persiapan peresmian SPAM mesjid ‎Nurul Yaqin, jalan Paus kelurahaan Pangalan Sesai kecamatan Dumai Barat, sudah bisa dikatakan lebih dari 50 persen.

“Kalau dilihat persiapan sudah lebih dari 50 persen dan insaallah ‎akan selesai tepat waktu, dan mudah mudahaan tidak ada hambatan, sehingga peresmian SPAM bisa berjalan dengan baik,” katanya, Selasa

Zulkifli As juga mengaku, nantinya di lokasi peresmian pihaknya akan secara simbolis menghidupkan kran air di Mesjid Nurul Yaqin yang menandakan bahwa Air sudah mengalir.

Zul As sapaan akrabnya menjelaskan, nantinya SPAM yang diresmikan, akan mengaliri  4 kelurahan  pada tahap awal, 4 kelurahan  tersebut diantaranya Kelurahan Simpang Tetap Darul Ichsan, Pangkalan Sesai, Rimba Sekampung dan Dumai Kota.

Diakuinya, sebelumnya pemerintah telah berjumpa langsung pihak PT Adhi Karya dan Adaro Konsorsium di Jakarta membahas finalisasi launching mengalirnya Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Untuk Warga kita di Kota Dumai.

“Kalau tidak ada aral melintang,  setelah diresmikan  air mengalir melalui sambungan ke rumah-rumah warga tepat pada tanggal 28 Oktober 2020. Karena pihak Kontraktor mengerjakannya secara bertahap, Insyaallah untuk tahap pertama ini SPAM tersebut akan mengalir di 4 Kelurahan di Kota Dumai,” imbuhnya.

“Mohon doa dari kita semua, semoga apa yang diikhtiarkan khususnya mengenai Sistem Penyediaan Air Minum diberi kemudahan Oleh Allah SWT,  dan berharap hal tersebut dapat memberikan manfaat luas bagi masyarakat di Kota Dumai,” tambahnya.

Lebihlanjutditerangkanya, Air bersih yang didistribusikan kapasitas 10 liter per detik dipadukan dengan proyek pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Bukit Timah melalui Kerja Sama Operasi (KSO) PT Adhi Karya (Persero) Tbk. PT. Adaro Tirta Mandiri dengan sistem Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Sistem KPBU, tambahnya, akan menghasilkan air kapasitas 50 liter perdetik dengan target pelanggan sebanyak 4.000 sambungan rumah. KPBU akan sejalan dengan program SPAM Regional Durolis (Dumai, Rokan Hilir dan Bengkalis) nantinya.

“Air bersih KPBU memanfaatkan sumber air dari sungai Mesjid di Bukit Timah, sementara untuk proyek SPAM Durolis akan memanfaatkan sumber air dari Sungai Rokan Kabupaten Rokan Hilir,” terangnya.

Zul As mengaku, bahwa melalui skema KPBU ini, seluruh pembiayaan pembangunan SPAM berasal dari swasta, total investasi sekitar Rp489 miliar.

Disebutkanya, Skema kerjasama KPBU ini akan dilaksanakan selama 25 tahun, mereka akan memproduksi air bersih berkapasitas 450 liter/detik air secara bertahap. Selain untuk masyarakat juga akan didistribusikan untuk industri.

“Tahap pertama di 2020 kapasitas 50 liter/detik, selanjutnya menjadi 250 liter/detik dan di tahun 2022 menjadi 450 liter/detik. Selain untuk memenuhi kebutuhan air bagi rumah tangga, kedepan SPAM Kota Dumai akan ditujukan bagi perusahaan yang beroperasi di kawasan industri,” pungkasnya.(ckn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed