oleh

Hari Rabies, DKPP Laksanakan Vaksinasi Hewan Gratis

celahkotaNEWS.com – DUMAI – ‎Dalam rangka “World Rabies Day” Dinas Ketahanan pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Dumai, menggelar kegiatan vaksinasi hewan gratis bertajuk Ayo kumpul vaksinasi (Aksi) Rabies anjing dan kucing (Rajinku) yang dimulai pada Rabu (5/10/2022).

Untuk tahap pertama ini Kegiatan dipusatkan ‎di kelurahaan Teluk Binjai, gang Mujair yang dilaksanakan selama dua hari, 5 sampai 6 Oktober 2022.

‎Kepala DKPP Dumai, Nurzerwan mengungkapkan Dalam rangka “World Rabies Day” DKPP Dumai, menggelar kegiatan Aksi Rajinku, yang tahap awal dilaksanakan di kelurahaan Teluk Binjai‎, Pada 5 sampai 6 Oktober 2022,” katanya, Rabu (5/10/2022).

Ia menambahkan, kegiatan vaksin Rabies terhadap kucing dan anjing milik warga Dumai, ini sebagai salah satu langkah mencegah terjadinya penularan Rabies dari kucing atau anjing kepada manusia.

Nurzerwan mengaku, Vaksinasi Rabies kucing dan anjing ditergetkan 2000 dosis.

“Kita berharap target 2000 dosis yang akan disuntikan ke anjing dan kucing serta monyet di kota Dumai, bisa tercapai,” harapnya.

Dirinya menghimbau kepada masyarakat yang memiliki hewan peliharaan anjing atau kucing untuk disuntikan vaksin rabies, hal ini sangat penting untuk keselamatan bersama.

Menurutnya rabies tidak bisa dipandang sebelah mata atau disepelekan, karena penularan penyakit rabies akibat gigitan hewan anjing maupun kucing bisa berakibat fatal, bahkan bisa menimbukan kematian.

Nuzerwan berharap, masyarakat yang memiliki ‎hewan peliharan seperti anjing dan kucing untuk rutin melakukan pengecekan kesehatan, dan yang terpenting kebersihan kandang harus dijaga.

“Kepada masyarakat silahkan datang ke kantor atau hubungi kami, karena suntik rabies gratis tanpa dipungut biaya,” pungkasnya. (ckn)