oleh

Dumai,Kota Pertama Terapkan Smart City Di Riau 

2017-01-10_17-01-52

Celahkotanews.com || Dumai – Ternyata Dumai merupakan kota pertama di Riau yang menerapkan Smart City. Meskipun, Smart City Nusantara untuk masing-masing daerah di Indonesia ini diartikan berbeda oleh pemerintah daerah di Indonesia.

Hal itu diungkapkan Regional Account Director Divisi Government Service PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom Indonesia) Rosyidul Umam Aly dalam pres rilisnya.

Menurutnya, Telkom adalah milik merah putih dan Telkom berani membuat Smart City Nusantara, karena Telkom mempunyai infrastruktur yang lengkap dibandingkan operator lainnya.

“Telkom menggunakann kabel fiber optic, kabel fisik yang diakui tercepat dan kita akui 25 tahun ke depan masih unggul. Jaringan kabel fiber optic yang dibangun Telkom mampu mengitari dua kali keliling bumi ini dan kabelnya antara lain ditanam di laut Dumai, Riau,” ungkapnya, Senin (9/1/2017) kemarin.

Untuk pemerintah, Telkom bisa melayani pembuatan jaringannya untuk perkantoran seperti di kelurahan dan lain-lain. Ada juga untuk perpajakan, hotel, restoran. Yang mana aplikasinya bisa dibuat Telkom.

“Misalnya konsumenya, rumah makan atau restaurant, saat melakukan pembayaran, konsumen langsung terkomunikasi dengan kantor pajak di mana pun berada. Jadi konsumen pun langsung terhitung sudah membayar pajak saat melakukan pembayaran di kasir,” bebernya.

Jadi yang pertama di Riau menerapkan Smart City Nusantara, Kota Dumai mendapatkan manfaat, seperti penghematan. Contohnya saja, Kota Bandung yang mampu menghemat dalam setahun sekitar Rp1 triliun.

“Oleh sebab itu, kami mengimbau sejumlah daerah di Indonesia menerapkan ini juga,” katanya.

Walikota Dumai Zulkifli AS berterima kasih atas uraian yang disampaikan pihak PT Telkom Indonesia di Jakarta Pusat. Dirinya sendiri telah berkunjung ke Telkom yang berada di Dumai, dalam penjajakan penerapan Smart City Nusantara.

“Kedepannya, Pemerintah Kota (Pemko) Dumai dapat memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. Aplikasi yang nantinya akan diterapkan di kelurahan, seperti pelayanan APBD, PBB, restoran dan lainnya,” ujarnya.

Dalam kunjungan Zulkifli AS ke Plasa Telkom di Jakarta, dilaksanakan juga Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemko Dumai dengan pihak Smart City Nusantara (SCN) Plasa Telkom.

“Kita akan menerapkan Smart City untuk pelayanan perizinan, pajak, elektronik pajak, smart penerangan jalan umum, smart goverment, infrastruktur, akses magosky untuk kelurahan/kecamatan, puskesmas, rumah sakit, pendidikan, e-pelaporan, dan Hi City. Dumai adalah kota pertama di Riau yang segera menerapkan Smart City ini,” ulasnya.(rls/ckn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.