oleh

Demam Berdarah Terus Mewabah, 149 Warga Pekanbaru Jadi Korban

2017-03-14_12-08-23
Foto hanya ilustrasi/net

Celahkotanews.com || Pekanbaru –  Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Pekanbaru terus bertambah setiap minggu. Hingga minggu ke-10 tahun 2017 ini,dilansir dari halloriau.com korban DBD sudah mencapai 149 orang.

“Hingga kini DBD sudah 149 kasus. Saat ini Kecamatan Tampan dan Bukit Raya yang tertinggi,” kata Kepala Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Pekanbaru, Helda S Munir di Pekanbaru, Selasa (14/3/2017).

Jumlah ini bertambah 11 kasus dibanding minggu kesembilan yang masih 138 kasus. Kasus DBD ini bisa ditekan jika masyarakat ikut andil dengan cara berperilaku hidup sehat. Untuk itu masyarakat diimbau untuk melakukan 3 M plus agar bisa memutus mata rantai penyebaran DBD.

Diskes menyebut, abate dan racun malation yang dipakai untuk satu tahun ke depan, sudah disiapkan Diskes. Tetapi untuk penggunaan itu harus tetap melakukan fogging sesuai standard operating procedure (SOP).

“Apabila ada kasus, Diskes lakukan penyelidikan etiomologi. Jika dinyatakan ada jentik nyamuk, baru dilakukan fogging,” kata dia.

Helda menyebut, korban yang rawan diserang DBD dominan anak-anak usia 0 sampai 14 tahun. Ia menyebut, sudah mempersiapkan surat edaran yang nantinya akan dikirim ke seluruh camat se Kota Pekanbaru. Surat edaran tersebut berisi sejumlah intruksi dan imbauan yang harus dilakukan oleh camat dan lurah untuk menekan angka DBD.

Surat edaran yang akan dikirimkan ke seluruh camat tersebut berisi imbauan kepada masyarakat agar berperilaku hidup sehat, dan mengalakkan program satu rumah satu jumantaik dan pemasangan lavitrap.

Data DBD Hingga Minggu Ke-10 2017

Sukajadi 3 orang

Senapelan 5 orang

Pekanbaru Kota 7 orang

Rumbai Pesisir 12 orang

Rumbai 7 orang

Limapuluh 9 orang

Sail 1 orang

Bukit Raya 32 orang

Marpoyan Damai 20 orang

Tenayan Raya 15 orang

Tampan 23 orang

Payung Sekaki 15 orang

Total 149 orang.(Hrc)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.