oleh

Awan Mengerikan yang Paling Ditakuti Dalam Setiap Penerbangan

2017-03-01_14-26-47
Inilah Awan Mengerikan yang Paling Ditakuti Dalam Setiap Penerbangan

Celahkotanews.com || Pekanbaru – Guncangan pesawat kerap terjadi dalam setiap penerbangan. Guncangan tersebut bisa dikarenakan menabrak awan. Awan sendiri ada yang boleh dilewati, dan ada ada pula jenis yang harus dihindari.

Dilansir dari Boombastis, biasanya dalam pesawat memang sudah dilengkapi dengan alat pembaca awan, di mana alat tersebut bisa mendeteksi tingkat berbahaya dari awan. Nah, salah satu awan yang berbahaya adalah pancake, awan ini dianggap sebagai salah satu yang paling berbahaya dan harus dihindari sebisa mungkin. Seperti apa awan pancake ini sebenarnya?

Bentuknya seperti pancake

Alasan awan ini sebut dengan nama pancake memang karena bentuknya yang menyerupai kue dadar (pancake), ada pula yang menyebutnya awan UFO.

Awan tersebut tampak begitu lembut jika dilihat dari luar. Namun, jangan salah, ada pertempuran hebat yang terjadi di dalamnya. Hal itu karena adanya tetesan air dari atas udara lembab bercampur dengan kristal es di udara dingin, di situlah tercipta badai elektrik.

Terdapat di daerah puncak gunung dan dataran tinggi

Mungkin para penerbang yang kerap melalui daerah dataran tinggi atau pengunungan perlu waspada dengan adanya awan pancake. Biasanya, di daerah sekitar awan tersebut akan ada hembusan angin yang begitu kuat.

Kekuatan angin yang kencang tersebutlah yang akan jadi malapetaka bagi pesawat yang melintasi daerah itu. Oleh karena itu, biasanya pilot akan lebih memilih mundur menjauh dari lokasi. Namun, jika pesawat nekat melewati awan tersebut, angin di sekitar akan membuat penerbang hilang kendali karena terbawa arus angin.

Tersusun dari angin berkecapatan tinggi dan butiran es.

Pada umumnya awan mungkin terdiri dari butiran-butiran es. Namun berbeda dengan awan pancake yang justru tercipta dari perpaduan angin berkecepatan tinggi dan juga butiran es. Awan ini memang memberikan dampak buruk bagi penerbangan.

Namun, jika dilihat dari sisi lain, fenomena alam ini juga memiliki dampak positif, yaitu membentuk pusaran yang sangat indah jika dilihat dari dataran rendah. Awan ini bisa terlihat selama berjam-jam atau bahkan berhari-hari, sampai perubahan angin membuat awan tersebut mulai menyebar.

Proses pembentukan awan pancake Awan unik ini terbentuk ketika arus udara lembab bergerak ke atas melalui sebuah gunung dan menyebabkan air tersebut mengembun dan membentuk awan. Udara yang dibawa lantas menjadi pola gelombang, dan menghasilkan sesuatu yang kerap dikenal sebagai awan gelombang.

Awan gelombang tersebut bisa terlihat seperti piringan atau cakram yang menyebar keluar dari sisi bawah gunung. Yang unik dari awan ini adalah, bentuknya yang seperti diam dan membeku. Namun kenyataannya awan ini terus bergerak karena aliran udara lembab terus memberikan dari sisi atas angin.

Awan pancake memang terlihat begitu cantik, namun pada kenyataannya awan tersebut termasuk salah satu yang menjadi momok bagi penerbangan. Mengetahui betapa berbahaya awan ini, semoga semua penerbang bisa lebih berhati-hati.Riau24.com/net)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.