oleh

Asiik! Sudah 96%, Tol Pertama di Kalimantan Siap Beroperasi

JAKARTA – Hingga medio Agustus 2019, progres konstruksi Tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 99 km sudah mencapai 96,827%. Sedangkan pembebasan lahan tol pertama di Kalimantan itu telah mencapai hingga 99,33%.

PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (JBS), kelompok usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk terus mengejar pembangunan jalan tol ini agar selesai tepat waktu. Ruas Tol Balikpapan-Samarinda seksi 2-4 ruas Samboja-Samarinda (66,4 km) akan diresmikan pada Oktober 2019

“Saya juga minta agar PT JBS dan kontraktor agar segera menyiapkan sarana pelengkap jalan tol dan sarana pelengkap operasional jalan tol sebagai syarat layak operasi,” kata Direktur Operasi Jasa Marga Subakti Syukur,dilansir dari CNBCindonesia Rabu (12/8/2019).

Sementara itu, Direktur Utama PT JBS S.T.H Saragi menjelaskan bahwa nantinya Tol Balikpapan-Samarinda yang memiliki total panjang 99,350 Km ini akan dilengkapi dengan 4 Gerbang Tol (GT). Pertama, GT Manggar dengan Ramp On/ Ramp Off yang berada di Jl. Mulawarman.

Kedua, GT Karang Joang dengan Ramp On/ Ramp Off yang berada di Jl. Soekarno-Hatta KM 13. Ketiga, GT Samboja dengan Ramp On/ Ramp Off yang berada di Jl. Soekarno-Hatta Km 38. Terakhir, GT Palaran dengan Ramp On/Ramp Off yang berada di Jl. Soekarno-Hatta km 4 (Samarinda).

Pihaknya bersama perbankan yang didukung oleh Bank Indonesia memastikan kesiapan uang elektronik sebagai alat transaksi di jalan tol. Dikatakan, edukasi terhadap masyarakat terus digencarkan.

“Khususnya Provinsi Kalimantan Timur, untuk mulai menggunakan uang elektronik sebagai sarana pembayaran non tunai,” beber Saragi.

Jalan Tol Balikpapan-Samarinda merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang terdiri dari ruas Viability Gap Fund (VGF), yaitu Seksi 1 dan 5 sepanjang 33,115 Km dan ruas investasi (Seksi 2, 3, dan 4) sepanjang 66,235 Km. Jalan Tol Balikpapan-Samarinda yang terdiri atas lima seksi.

Seksi 1 mulai dari Km 13 hingga Samboja sepanjang 22 Km. Seksi 2 dari Samboja hingga Muara Jawa sepanjang 30,9 Km. Seksi 3 dari Muara Jawa hingga Palaran sepanjang 17,3 Km. Seksi 4 dari Palaran hingga Jembatan Mahkota II sepanjang 17,5. Seksi 5 dari Km 13 hingga Bandara Sepinggan sepanjang 11,5 Km (hoi/hoi)

Sumber : CNBCIndonesia
Foto: Pembangunan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (ist/ dok. Jasa Marga)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

2 komentar