Berita Terbaru pemerintahan

Wawako Ingin Adanya Sekolah Ramah Anak

2016-10-18_19-29-29
Eko Suharjo : Wakil Walikota Dumai

Celahkotanews.com || Dumai  – Sekolah merupakan wadah untuk anak-anak dapat menuntut ilmu dan memperoleh pengalaman dengan aman dan nyaman. Sekolah seharusnya jauh dari segala bentuk kejahatan, baik itu kejahatan fisik, maupun kejahatan moral. Hal itu disampaikan Wawako Dumai, Eko Soeharjo saat membuka sosialisasi dan bimtek sekolah ramah anak, Selasa (18/10) di Hotel Comford.

”anak-anak merupakan aset berharga bukan hanya bagi keluarga namun juga sebagai generasi penerus bangsa, karena disekolahlah anak-anak mendapatkan pembentukan karakter.

Lingkungan sekolah sangat berperan dan berpengaruh dalam pembentukan karakter anak yang ada,” terang Eko Sujarjo.

Politisi Partai Demokrat ini mengatakan  maka sangat penting sekali untuk mencipatakan lingkungan sekolah yang terbaik bagi anak, banyak sekali komponen yang harus dipenuhi untuk menciptakan lingkungan yang aman, tentram, nyaman.  ”Ini bukan hanya untuk memudahkan anak-anak untuk terus dapat menuntut ilmu dengan baik, namun  ini juga untuk mendorong semangat anak dalam menuntut ilmu,” sebutnya.

Mengingat pentingnya tumbuh kembang anak yang waktunya sebagian besar dihabiskan disekolah perlunya untuk menciptakan sekolah ramah anak. Adapun sekolah ramah anak adalah sekolah yang secara sadar berupaya menjamin dan memenuhi hak-hak anak dalam setiap aspek kehidupan secara terencana dan bertanggung jawab. ”Stop Diskiriminasi terhadap anak, karena saya masih mendengar ada sekolah yang menolak anak berkebutuhan khusus, ini tidak boleh, mereka harus mendapat hak yang sama,” sebutnya.

Dilanjutnyan dalam usaha mewujudkan Sekolah Ramah Anak perlu didukung oleh berbagai pihak antara lain keluarga dan masyarakat yang sebenarnya merupakan pusat pendidikan terdekat anak.” Lingkungan yang mendukung, melindungi memberi rasa aman dan nyaman bagi anak akan sangat membantu proses mencari jati diri,” tambahnya.

Kebiasaan anak memiliki kecenderungan meniru, mencoba dan mencari pengakuan akan eksistensinya pada lingkungan tempat mereka tinggal. ”Perlu kita ketahui bahwa bukan hanya sekolah yang harus diperhatikan tapi juga lingkungan pengasuhan dalam keluarga, karena keluarga merupakan sekolah utama dan pertama bagi anak. Lingkungan pengasuhan juga sangat berperan penting bagi tumbuh dan kembang anak,” tuturnya lagi.

Keluarga perlu secara sadar untuk berhati-hati dalam perilaku maupun berbicara, karena anak cenderung mengikuti dan mencontoh orang tua.

”Maka penting sekali untuk melaksanakan sosialisasi bimtek sekolah ramah anak tingkat Provinsi Riau dan bimtek Pengasuhan Keluarga ini untuk dilaksanakan. Besar harapan kedepannya semoga melalui sosialisasi dna bimtek ini kita dapat peka terhadap kebutuhan-kebutuhan anak-anak kita sebagai generasi mendatang,” tutupnya.(ckn/infotorial)

 

Editor : Ckn

Penulis : khairuliwan

Related posts

Penangkapan Bonita Tim Siapkan Perangkap dan Senapan Bius

Celahkotanews

Bawa Satu Kilogram Sabu dan Ratusan Butir Ekstasi, Kurir Diciduk Polisi

Celahkotanews

Paska Tumpahan Sterin,Pendemo Ingin Gayang PT.Naga Mas

Celahkotanews

Leave a Comment