Berita Terbaru Sosial dan Budaya

Warga Anggur : Panjat Pinang dan Pajat Batang Pisang Hiasi HUT RI Ke 74

celahkotaNEWS.com || DUMAI – Tak lengkap rasanya perayaan 17 Agustus tanpa adanya lomba panjat pinang.Ini adalah jenis lomba yang paling dinantikan oleh segala kalangan. Tak peduli apakah mereka tinggal di kota ataupun di desa.

Panjat pinang membutuhkan kerja sama untuk mengambil hadiah di puncak batang pohon pinang. Bagaimana tidak, siapa yang bisa memanjat batang menjulang itu sendirian. Terlebih lagi, pinang sudah diolesi dengan minyak atau oli untuk menambah keseruan lomba.

Di Kota Dumai kegiatan panjat pinag juga tidak ketertingalan pantauan GoodNews82.com (CKN group) Jalan Anggur RT.22 Kelurahan Rimba Sekampung Kecamatan Dumai Kota melaksakan serangkain kegiatan kegembiraan dalam merayakam HUT RI ke 74 selain panjat Pinag pihak panitia juga melaksaka lomba memanjat pohon pisang bagi anak-anak dengan aneka hadian yang telah di siapkan.

Sementara itu khusus bagi ibu- ibu juga memindahkan air kedalam ember,yang mebuat tawa ceria dengan kelucuan emak-emak peserta lomba.

Tapi dalam konteks hari ini, sebenarnya dalam panjat pinang juga ada philosofi positif yang bisa kita ambil, selain warga yang menyaksikan tertawa dengan nikmatnya.

Coba kita perhatikan pernak-pernik dalam permainan panjat pinang ini. Setidaknya ada 3 philosofi yang bisa kita ambil :

Pertama

Permainan ini dilakukan secara group 4-5 orang. Setiap group harus berusaha sekeras mungkin, bekerja sama, memutar cara dan strategi agar bisa naik menaklukan pinang yang sudah dilumuri oli atau sejenisnya, mencapai puncak yang diatasnya biasanya ada lingkaran terbuat dari bambu yang digantungi berbagai hadiah, sementara di bagian ujung pinang di tancapkan tiang yang dipasangi bendera merah putih yang selalu berkibar tertiup angin. Hal ini merupakan pelajar berharga akan pentingnya kerjasama.

Kedua

Upaya menggapai puncak kemenangan permainan ini harus terus dilakukan tanpa kenal lelah dan menyerah.

Group harus bisa mengatur siapa yang berada paling bawah dengan kekuatan lebih, siapa di lapis kedua, siapa di lapis ketiga, dan siapa yang bisa mencapai puncaknya nanti. Beradu peran, sesuai kemampuan, dan ketika menang hadiah bisa dibagi secara adil.Semangat pantang menyerah untuk menggapai cita-cita.

Ketiga.

Perhatikan bendera yang berkibar dipuncak ketinggian pinang.Itulah cita-cita luhur kita, dengan kerjasama, kerja keras, bangsa dan negara ini akan berkibar, akan jaya.

Jangan terlenakan oleh hadiah duniawi yang sifatnya sementara, ada yang lebih penting bagi kita selaku warga bangsa, berkibarnya sang saka merah putih.

Berkibarnya bangsa ini dengan segala prestasi diantara bangsa-bangsa lainnya di dunia. Dalam kegiatan panjat pinang tersebut, rakyat berbaur, bersorak-sorai, bersuka cita, menyaksikan permainan panjat pinang.

Editor : Khairul iwan
Sumber : Diambil dari berbagai Sumber
Foti : dok.ckn

Related posts

Dumai Diselimuti Asap Lagi

Celahkotanews

Dengan Berpuasa,Kita diajarkan Untuk Menjadi Sabar

Ckn

Rutan Kelas IIB Dumai Ajukan 314 Orang Remisi lebaran

Celahkotanews

Leave a Comment