Berita Terbaru pemerintahan

Walikota : Jadikan Pola Hidup Bersih Sebagai Kebutuhan

celahkotaNEWS.com || DUMAI – Tim Penilai Lomba Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Provinsi Riau, turun ke Kelurahan Bagan Keladi Kecamatan Dumai Barat, Kamis (25/7). Kunjungan terkait terpilihnya Kelurahan Bagan Keladi sebagai pemenang Lomba PHBS tingkat Kota Dumai dan berhak bersaing dengan 12 kabupaten/kota ke ajang serupa di Tingkat Provinsi Riau tahun 2019.
Tim Penilai PHBS Provinsi Riau yang turun melakukan penilaian langsung tersebut disambut Walikota Dumai H Zulkifli As iwakili Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kota Dumai Drs H Khairil Adli. Turut mendampingi, Kadinkes H Paisal SKM MARS, Camat Dumai Barat Zulfahren SSos, Sekcam Dumai Barat Nasib, Lurah Bagan Keladi Ahmad Syafawi, Kabid Kesmas Hj Rahmayani SKM beserta Kasi, Kepala Puskesmas se Kota Dumai, tokoh masyarakat, kader PKK dan undangan lainnya.
“Walau menang bukan tujuan akhir, namun saya yakin Kota Dumai akan meraih hasil terbaik di tingkat provinsi. Yang harus jadi catatan penting bagi kita semua adalah bagaimana masyarakat menjadikan pola hidup bersih dan sehat sebagai kebutuhan,” ujar Adli sapaan Khairil Adli saat membuka secara resmi penilaian ini.
Keyakinan Adli kepada Kelurahan Bagan keladi meraih predikat terbaik dalam lomba PHBS tingkat Provinsi Riau tahun 2019, karena ia melihat selama ini peran masyarakat sangat mendukung. Sementara Pemerintah Kota Dumai melalui instansi terkait tetap melakukan pembinaan terintegrasi.
“Pemko Dumai akan terus melakukan pembinaan sehingga bisa meraih juara tingkat Provinsi Riau, bahkan tingkat nasional,” ujar Adli seraya berharap semua pihak terkait agar saling mendukung.
Ketua Tim Penilai Drs Dedi Perlaungan menerangkan, penilaian dilaksanakan dengan 10 indikator penilaian PHBS. Yaitu persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan, memberi ASI ekslusif, menimbang bayi dan Balita dan menggunakan air bersih. “Selanjutnya, membiasakan mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, menggunakan jamban sehat, memberantas jentik nyamuk, makan buah dan sayur setiap hari, dan melakukan aktivitas fisik setiap hari, serta tidak merokok di dalam rumah,” ujarnya.
Ia mengungkapkan bahwa lomba PHBS merupakan sarana bagi masyarakat untuk mewujudkan pola hidup bersih dan sehat, sekaligus meningkatkan peran kerja sama dari masyarakat. ” Kita semua yakin dan percaya, tanpa keikutsertaan dari masyarakat maka PHBS tidak akan terlaksana,” lanjut Dedi.
Ia pun menghimbau agar semua perilaku masyarakat yang ada di daerah ini dilakukan atas kesadaran penuh tentang arti penting pola hidup bersih. Sehingga anggota keluarga dapat memperhatikan pasokan gizi, makanan beraneka ragam dengan penuh keseimbangan dan lainnya.
Disela-sela kegiatan ini juga dilakukan penyerahan Profil Kelurahan yang diserahkan Langsung oleh Lurah Bagan Keladi Ahmad Syafawi kepada tim penilai serta pemaparan frofil oleh lurah. ” Kami sangat bersyukur bisa mewakili Kota Dumai ke lomba PHBS Tingkat Provinsi Riau. Doakan semoga bisa meraih prestasi terbaik,” ujar Syafawi. (rls)

Related posts

Modal 5 Ribu, Bocah 9 Tahun Dicabuli Berkali-Kali

Celahkotanews

Warga Binaan Rutan Dumai Meninggal Dunia

Celahkotanews

Potensi wilayah Barat Kota Dumai Pantas Di Jadikan Tol Laut

Celahkotanews

Leave a Comment