Berita Terbaru Politik

Walikota Dumai Bukan Musrenbang dan Penyusunan RKPD Dumai 2017

3b190316

Celahkotanews.com || DUMAI- Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Dumai melaksanakan kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2016, dalam rangka menyusun Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Pemerintah Kota Dumai Tahun 2017.

Musrenbang ini dibuka secara resmi oleh Walikota Dumai Drs. H Zulkifli As, MSi di Gedung Sri Bunga Tanjung Pendopo Dumai Timur, Selasa (29/3/16). Kegiatan yang bertemakan “Melalui Percepatan Pembangunan Infrastruktur Dasar dan Kualitas Pelayanan Publik Kita Wujudkan Masyarakat Dumai Yang Makmur dan Madani ” dijadwalkan akan berlangsung selama tiga hari dari 29 hingga 31 Maret 2016 mendatang.

Pembukaan Musrenbang turut dihadiri wakil walikota Dumai Eko Suharjo, Ketua DPRD Dumai, Gusri Effendi, Sekretaris Daerah Kota Dumai, H. Said Mustafa, dan Bappeda Propinsi Riau.

Selain itu, turut hadir kepala Bapeko Dumai, H. Marjoko Santoso, kepala SKPD, delegasi Kecamatan dan Lurah serta ketua LPMK se Kota Dumai. Selain itu, turut hadir Kapolres Dumai, Dandim 0320/Dumai, Danlanal Dumai, Dansat Radar Dumai, Kejari Dumai serta undangan lainnya.

Dalam arahannya, Walikota Dumai H. Zulkifli As mengatakan bahwa Musrenbang merupakan forum yang sangat penting untuk menampung aspirasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan sebagaimana diamanatkan oleh Undang-undang. Perencanaan pembangunan dalam era Otonomi ini adalah merupakan proses yang dimulai dari bawah dan tidak lagi sentralistis ataupun bersifat otoriter.

Hal tersebut agar pelaksanaan pembangunan dapat dilakukan lebih baik dan tepat sasaran dari waktu ke waktu. Untuk itu Musrenbang dimulai dari tingkat kelurahan, kecamatan, hingga ke tingkat kota. “Melalui Musrenbang ini, saya mengajak kepada seluruh pihak untuk bersama-sama merumuskan arah dan kebijakan serta corak pembangunan daerah Kota Dumai tahun 2017 mendatang,”ujarnya.

Selain itu, sambung Zul As, Musrenbang ini juga dapat menjadi dasar bagi penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kota Dumai yang berisikan program dan kegiatan yang nantinya akan menjadi dasar penyusunan KUA PPAS APBD Tahun Anggran 2017. ”Semoga melalui Musrenbang RKPD ini kita dapat meningkatkan program dan kegiatan tahunan yang lebih terpadu, komprehensif. transparan dan bersinergi,”harapnya.

Ketua panitia pelaksana kegiatan, Afrilagan menyampaikan, bahwa Musrenbang RKPD merupakan wahana antar pihak-pihak yang langsung atau tidak langsung mendapatkan manfaat atau dampak dari program dan kegiatan pembangunan daerah Kota Dumai sebagai perwujudan dari pendekatan partisipatif perencanaan pembangunan daerah, yang dimulai dari Musrenbang Kelurahan, Musrenbang Kecamatan, Forum SKPD dan Musrenbang RKPD Kota Dumai.

Dijelaskannya, maksud dan tujuan dilaksanakan kegiatan Musrenbang RKPD Tahun 2016 ini, adalah untuk menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan daerah dengan arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan daerah provinsi dan pemerintah pusat dan Mengklarifikasi usulan program dan kegiatan yang telah disampaikan masyarakat kepada pemerintah daerah pada Musrenbang Kecamatan dan Forum SKPD yang telah dilaksanakan.

“Selain itu juga Musrenbang ini dilaksanakan untuk mempertajam indikator kinerja program dan kegiatan prioritas daerah serta menyepakati prioritas pembangunan daerah serta program dan kegiatan prioritas daerah,”papar Afrilagan.(C1)

Related posts

Hari Pertama Masuk Sekolah”Peranan Orang Tua”Sangat Mendukung

Celahkotanews

Nafsu dan Kehidupan yang Sempurna

Celahkotanews

Hasil Kongres di Solo, Atal Sembiring Depari Terpilih Jadi Ketua Umum PWI

Celahkotanews

Leave a Comment