Berita Terbaru Gaya Hidup dan Kesehatan

Walikota Dumai Ajak Para Orang tua Ke Pin Polio

IMG_20160303_115031_edit
Foto: Celahkotanews.com (Walikota Dumai Hibau Kepada Masyarakat Dumai Untuk Membawa anak Ke Pos PIN Polio 2016 “Gratis”)

Celahkotanews.com || Dumai – Walikota Dumai, H Zulkifli AS mengingatkan seluruh orang tua yang memiliki balita usia 0-59 bulan agar datang ke pos PIN Polio terdekat pada 8 hingga 15 Maret 2016 depan untuk mendapatkan vaksin tetes polio.

Menurutnya, PIN merupakan upaya yang dilaksanakan serentak secara nasional dengan tujuan untuk mempercepat pemutusan siklus kehidupan dari virus polio importan dan imunisasi ini diberikan kepada setiap balita dan bayi yang baru lahir tanpa memandang status imunisasi.

PIN juga pemberian kekebalan tubuh secara serentak terhadap balita sehingga tidak memberikan kesempatan kepada virus polio liar untuk berkembang karena akan mengakibatkan kelumpuhan permanen pada anak.

“Mari kita lindungi anak dengan memberikan polio melalui pos-pos PIN yang tersebar di 220 pos PIN yang tersebar di Kota Dumai baik itu posyandu, puskesmas, rumah sakit, terminal, pelabuhan, bandara, dan klinik atau praktek swasta,” katanya.

Tidak hanya berfokus pada penyebaran virus polio liar, namun perlu diketahui bahwa kini juga sangat rentan penyebaran penyakit demam berdarah yang terus berkembang hingga saat ini disebarkan oleh virus dangue yang dibawa oleh nyamuk aedes aegypti.

Selain itu tidak dipungkiri bahwa virus ini dipengaruhi oleh keadaan cuaca yang tak menentu, serta keadaan lingkungan yang kurang bersih, karena itu diimbau seluruh masyarakat untuk terus meningkatkan kepedullian pada kebersihan lingkungan sebagai usaha untuk mengantisipasi penyakit demam berdarah dengan pemberantasan sarang nyamuk (PSN), dengan menggiatkan 3M dan menaburkan bubuk ABT.

“Diharapkan Dumai terbebas dari penyebaran virus polio liar serta bebas dari penyakit demam berdarah. Kepedulian kita adalah benteng terkuat kita,” ungkapnya.

Diketahui, pelaksanaan PIN Polio di Kota Dumai akan menyasar kepada 35.555 anak balita dengan 220 pos pelayanan yang tersebar di 33 kelurahan 7 kecamatan di daerah ini.

Target sasaran PIN Polio di kecamatan terdiri dari, Kecamatan Dumai Timur 9.361 jiwa, Dumai Kota 7.003, Sungai Sembilan 4.957, Bukit Kapur 4.838, Dumai Barat 4.434, Dumai Selatan 3.475, dan Medang Kampai 1.487 anak.(C1)

 

Laporan : Khairul iwan

Related posts

Walikota Dumai Sambut Kedatangan Murid TK Aisyiyah Bustanul Adfal

Celahkotanews

Riau Punya Suku Akit,Suku Pedalaman

Celahkotanews

Dua Pejabat Bengkalis Ditahan Kejagung terkait Kasus PT.BLJ,ini kata Bupati

Celahkotanews

Leave a Comment