Berita Terbaru pemerintahan

Wako : RTRW Sudah disahkan, Iklim Investasi Akan Membaik

celahkotaNEWS.com (CKN) || DUMAI – Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Dumai melaunching Peraturan Daerah (Perda) Nomor 15 Tahun 2019 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Dumai.Rabu (29/1/2020).

Hadir walikota Dumai Drs H Zulkifli AS MSi, Ketua DPRD Dumai Agus Purwanto, Sekda Dumai Herdi Salioso, Plt Kepala Dinas PUPR Kota Dumai Zulkarnain, Dandim 0320 Dumai Letkol Inf Irdhan dan undangan lainnya

Walikota Dumai Drs H Zulkifli AS MSi dalam sambutannya mengatakan, setelah melewati perjalanan yang cukup panjang akhirnya Perda RTRW Dumai disahkan.

“RTRW sudah disahkan, iklim investasi akan membaik Investor bisa kembangkan usahanya di Dumai.” Kata wako

Hari ini, lanjut wako Pemko Dumai melaksanakan launching Perda RTRW sekaligus mensosialisasikan Perda RTRW kepada masyarakat semoga tujuan kita menjaadikan Dumai kota industri terwujud. Harap wako

Diakui walikota, sebelumnya banyak investor ingin masuk ke Dumai, lantaran RTRW belum selesai mereka akhirnya investasi di daerah lain. Dan dengan telah di sahkannya Perda RTRW kita berharap banyak investasi masuk ke Dumai. Pungkasnya

Sementara Kepala Dinas PUPR melalui Kabid Tata Ruang Dinas PUPR Kota Dumai Farid Mufarizal menjelaskan Perda tersebut telah disahkan oleh DPRD Kota Dumai 31 Desember 2019 lalu.

“Setelah disahkan, Perda tersebut hari ini kami launching sekaligus disosialisasikan kepada masyarakat Dumai dihadiri kepala OPD terkait, forkopimda, organisasi masyarakat, pemuda, LPMK, camat, lurah, para pengusaha dan undangan lainnya.” Kata Farid

Lebih lanjut, Farid menjelaskan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan ini agar masyatakat mengetahui Perda RTRW Kota Dumai selain itu memberikan informasi kepada masyarakat berkaitan dengan pengendalian dan penertiban ruang mengacu pada Perda RTRW yang baru saja di sahkan.

Dengan telah disahkannya Perda tersebut, kita berharap iklim investasi di Kota Dumai semakin membaik dan dapat meningkatkan nilai investasi di Kota Dumai.

Selain itu memudahkan pengurusan perizinan, memudahkan pengaturan tata ruang, kita bisa lihat mana yang sesuai dan tidak sesuai. Ungkapnya

Dan penyusunan RTRW ada kronologis nya mulai dari penyusunan RTRW dilaksanakan 2007-2012, lalu mengajukan permohonan rekomendasi ke Gubernur Riau.

Dilanjutkan, pembahasan DPRD Kota Dumai dan persetujuan Ranperda tentang
RTRW menjadi Perda oleh DPRD melalui SK No.15/KPTS/DPRD/2014 tangg 29 Agustus 2019. Konsultasi publik, rekomendasi Peta RTRW dari Bidang Pemetaan Tata Ruang (BIG), Persub Ranperda RTRW ke Kementerian ATR/BPN. Pemutakhiran Data dan kesepakatan Draf RTRW Kota Dumai bersama DPRD.

Dilanjutkan pengajuan kelengkapan administrasi Evaluasi Gubernur pada 28 Agustus 2019. Konfigurasi struktur dan pola ruang Kota Dumai dengan Kabupaten Rohil dan Bengkalis, pleno TKPRD Provinsi Riau.

Evaluasi Kementerian Dalam Negeri pada 20 Desember 2019
dilaksanakan Rapat Koordinasi Pasca Evaluasi Kemendagri bersama DPRD Kota Dumai 31 Desember 2019. Terang Farid

Terakhir Farid mengatakan bahwa RTRW Kota Dumai sudah disusun secara detail dan taat terhadap SK 903 Tahun 2016 tentang Kawasan Hutan Provinsi Riau.

“SK tersebut dikeluarkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Jadi Perda RTRW yang kami keluarkan taat terhadap SK tersebut.” Tutup Farid. (ckn)

Related posts

Bayi 9 Bulan Hampir Menjadi Korban Penculikan Di Purnama Dumai

Celahkotanews

Orang-orang Yang Merugi di Bulan Suci Ramadhan

Ckn

Harga BBM Di Provinsi Riau Tidak Merata

Celahkotanews

Leave a Comment