Berita Terbaru pemerintahan

Wako Bicara Potensi Industri Di Kota Dumai

2016-09-17-11-14-49-122168781

Celahkotanews.com || Dumai – Dumai memang menjadi mutiara tersimpan selama ini. Dengan segala potensi yang ada. Dumai juga dikenal dengan kota Industri. Kota Dumai memiliki tiga potensi unggulan kawasan industri yang strategis yakni kawasan Industri pelintung, kawasan industri lubuk gaung dan kawasan pelabuhan pelindo.

Untuk pengembangan industri diarahkan ke dua kawasan industri yakni kawasan industri pelintung dan lubuk gaung. ”Salah satu kawasan industri yang telah menjadi kawasan industri paling pesat yakni kemajuannya yakni kawasan industri dumai pelintung,” terang walikota Dumai, Zulkifli As.

Dikawasan industri ini telah dibangun satu dermaga ekspor dengan tiga kapal tanker sekali sandar dan telag memulai memproduksi pupuk NPK yang diyakini telah menjadi pabrik pupuk npk terbesar di asia tenggara. ”DiKawasan industri pelintung sendiri ada sekitar 13 pabrik industri, memiliki luas 3.829,2 hektar, 1.860 hektarnya sudah dikuasai perusahaan, lahan pemko hanya sekitar 179,2 hektar, ada sekitar 1298,88 hektar menjadi kawasan cadangan industri,” terang orang nomor satu di Dumai ini.

Sementara untuk kawasan industri di lubuk gaung luasnya sekitar 1.773,6 hektar dan 561,28 hektar sudah dikuasai perusahaan, sisa masih milik masyarakat dan pemerintah kota Dumai. ”Ini merupakan potensi luar biasa tentunya, jika ini bisa memberikan kontribusi bagi dumai sendiri,” tuturnya.

Akan tetapi kenyataannya saat ini, keberadaan industri di kota Dumai belum memberikan kontribusi yang besar terhadap peningkatan PAD dan kesejahteraan masyarakat Kota Dumai.      ”Inilah menjadi permasalahan di kota Dumai saat ini,” terangnya.

Selain itu, pihaknya juga mencatat pada 2015 lalu mencatat nilai invetasi penanaman modal dalam negeri mencapai angka Rp7,884 triliuan pertahun. Sementara untuk nilai invetasi penanaman modal asing pemerintah mencacat ada sekitar $977,36 juta. ”Ini menunjukkan bahwa dumai memang memiliki potensi yang besar sehingga dilirik investor,” tutupnya.(ckn)

Related posts

Ketua PN Kelas II Bengkalis Pindah Tugas Sebagai Hakim Kelas IA Khusus Jakarta Barat

Celahkotanews

Penawar Hati yang Gundah

Celahkotanews

Pemko Dumai Rencanakan Danau Bunga Putri Tujuh Dijadi Waduk Pengendalian banjir

Celahkotanews

Leave a Comment