Berita Terbaru Ekonomi

Waduh…25 Bus Tiba, Dana Operasional Belum Dianggarkan 

2016-12-27_09-46-35

Celahkotanews.com || Pekanbaru – Armada sarana angkutan umum massa (SAUM) Kota Pekanbaru kembali bertambah. Sebanyak 25 bus ukuran sedang hibah Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI sudah tiba di Pekanbaru.

Sayangnya, dana operasional bus ini belum dianggarkan dalam APBD 2017. Muncul kekhawatiran, bus tidak bisa digunakan dan hanya perparkir di Terminal Bandar Raya Payung Sekaki (BRPS).

“Sayangnya, biaya untuk pengoperasian bus tersebut tak dianggarkan dalam APBD 2017. Ini tentu menjadi perhatian kami, bagaimana mencarikan solusinya,” ungkap Kepala UPTD Pengelola dan Pengawasan Angkutan Perkotaan (PPAP) Dishubkominfo Kota Pekanbaru Wisnu Haryanto, Ahad (25/12).

Dijelaskan Wisnu, 25 unit bus yang baru tiba di Pekanbaru tersebut untuk memperkuat armada bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) yang dikelola oleh Dishubkominfo Kota Pekanbaru.

Direncanakan bus itu dioperasikan pada awal 2017. Rute yang ditempuh adalah koridor yang belum terjangkau oleh bus TMP ukuran besar. Seperti koridor Jalan Paus – Jalan Kartama dan koridor lainnya.

“Untuk pengoperasianya tergantung anggaran di 2017 nanti. Saat ini anggaran masih tarik ulur,” katanya menjelaskan.

Pada APBD 2017, pihaknya ha­nya mendapatkan anggaran untuk biaya operasional 45 unit bus dari 50 unit bus TMP ukuran besar hibah Kemenhub.

“Kami hanya anggarkan biaya operasional untuk 45 unit bus. Sisanya lima lagi untuk cadangan,” paparnya.

Bagaimana dengan nasib bus yang baru tiba? “Jika tak dianggarkan biaya operasionalnya, kami khawatirkan 25 bus yang baru datang ini akan terparkir di BPRS,” sebut Wisnu.

Segala upaya tentu  akan dilakukan, termasuk meminta dukungan dari pemerintah pusat. Artinya, tidak hanya bantuan bus saja, akan tetapi anggaran operasionalnya juga dibantu.

“Kami sudah ajukan bantuan biaya operasional ke Pusat, namun sampai saat ini belum ada balasan,” tuturnya.

Wisnu berharap, segera men­dapatkan jawaban yang menyenangkan. Agar semua bus hibah bisa beroperasi tanpa ada kendala anggaran.(ckn/Rp)

 

Sumber : Riaupos.co

Related posts

Tabrakan Tug Boat Vs tanker satu tewas

Celahkotanews

Perkuat Silaturahmi, Tiga Perusahaan Daerah Gelar Halal Bihalal

Celahkotanews

Walikota Dumai Optimis Penyerapan Aggaran APBD 2016 Tepat Waktu

Celahkotanews

Leave a Comment