Berita Terbaru pemerintahan

Tren APBD Dumai Dari Tahun Ke Tahun Mengalami Penurunan

logolicious_20170317_160515
Walikota Dumai  Zulkifli AS Dalam musrenbang Kota Dumai 2017 di gedung seri bunga tanjung Jalan puteri tujuh kamis 16/03/17

Celahkotanews.com || Dumai – APBD Kota Dumai cendrung setiap tahun mengalami penurunan.Bahkan pada tahun 2018 akan datang APBD Dumai di Perdiksi hanya Rp 9 Milyar.jumlah ini tentunya berkurang sekitar 21,47 persen dibandingkan APBD Dumai 2017.

Pada tahun 2017 ini APBD Dumai mencapai Rp 1,14 Triliun,lain halnya dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD)  Kota Dumai yang cendrung mengalami kenaikan.Tahun 2017,ditargetkan PAD mencapai Rp 206,6 Milyar,jumlah ini meningkat 100 milyar atau mengalami peningkatan 100 persen dibandingkan PAD tahun 2016 Lalu.

Saat itu PAD Dumai melebihi target yakni Rp 184 Milyar lebih.Data dari Dinas Pendapatan Daerah Kota (Saat Ini Badan Pendapatan)  Dumai menyumbang PAD mencapai Rp 77,6 Milyar Lebih.

“Tren APBD Dumai dari tahun ke tahun mengalami penurunan.Namun PAD Mengalami peningkatan setiap tahunya Hal ini meski disikapi denagan bijak,”Ujar Walikota Dumai  Zulkifli AS Dalam musrenbang Kota Dumai 2017 di gedung seri bunga tanjung Jalan puteri tujuh kamis 16/03/17

Menurutnya Musrenbang Kota Dumai digelar untuk menyatukan persepsi seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD),legislator dan pihak terkait lainya dalam menyusun program pembangunan.Apalagi program tersebut  juga menjadi ajang menyusun RKPD 2018.

Di akui Walikota Dumai Zulkifli As,meski terus mengalami penurunan APBD setiap tahunya,Walikota Dumai tetap Optimis program pembangunan tetap dilakukan.Terutama untuk peningkatan infrastruktur.

Kepala Badan Perencanaan Daerah (BAPEDA) Kota Dumai,Marjoko Santoso Mengatakan bahwa saat ini program pembangunan infrastruktur masih mendominasi.Sebab dari serangkaian musrenbang dari tingkat kelurahaan hingga tingkat kota,mayoritas diusulkan pembangunan fisik.

Namum ia menegaskan agar tidak ada proposal pembangunan yang naik di tengah jalan.Sebab sudah dilakukan musrenbang secara bertahap hingga tingkat kota,Sehingga tidak mungkin rencana yang telah tersusun dirubah begitu saja.

Sejumlah Program infrastruktur diantaranya Air bersih,jalan,jembatan,darainase,penanganan banjir,hingga pengelolahan sampah.Selain itu sejumlah program peningkatan ekonomi kreatif dan UKM,serta pengentasan kemiskinan dan masyarakat kurang mampu.

Ditambah program peningkatan layanan pendidikan,kesehatan,dan lapangan kerja.”Kita juga melakukan reformasi birokrasi hingga berupaya meningkatkan sikap teloransi umat beragama,”Paparnya.(ckn)

 

 

Related posts

Buka Mata Dan Lihat Sisi Kehidupan Murid SD Sudut Kota Kita

Celahkotanews

Komisi V DPR RI Soroti Fasilitas Transportasi dan Infastruktur Kota Dumai

Celahkotanews

Tercatat 49 Kasus DBD Terjadi diDumai

Celahkotanews

Leave a Comment