Berita Terbaru Politik

Tinta Ribbon e-KTP Kosong. Disdukcapil Kota Dumai,Berikan “SK”

th(61)

Celahkotanews.com || Dumai – Pemerintah Kota Dumai melalui Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil Kota Dumai (Disdukcapil), Suardi SSy mengimbau kepada masyarakat untuk dapat bersabar menunggu penerbitan dokumen kependudukan KTP elektronik menyusul kekosongnya persediaan tinta ribbon sehingga proses pencetakan e KTP belum dapat dilakukan.

Dikatakan Suardi, persediaan tinta di Disdukcapil Dumai telah habis sejak Rabu (28/10) kemarin dan saat ini pihaknya masih menunggu kedatangan tinta yang nantinya bakal disuplai dari Pemerintah Provinsi Riau.

“Jauh hari hal ini (persediaan tinta ribbon,red) telah kita koordinasikan ke Kemendagri, mudah-mudahan pada November mendatang sudah datang dan didrop oleh Provinsi ke masing-masing daerah atau kabupaten atau kota,”ujar Suardi kepada celahkotanews.com (29/10) di ruang kerjanya.
Kepala dinas disdukcapil suardy juga menjelaskan hal yang sama dengan pengadaan keping blangko e-KTP, terkait pengadaan tinta ribbon ini dilakukan langsung oleh pemerintah pusat.

Suardi menyebutkan berdasarkan informasi yang berhasil ia peroleh, kekosongan tinta ribbon ini terjadi diberbagai Kabupaten/Kota di Indonesia, termasuk Propinsi riau dan kota dumai terkendala pada lambatnya proses tender.

“Blangko dan tinta ribbon ini masuk dalam anggaran pusat,dan tidak ada penganggaran di Pemko Dumai, mekanismenya setelah proses pengadaan rampung,kemudian Pemerintah Pusat mendistribusikan ke Provinsi, lalu oleh Pemerintah Provinsi akan mendistribusikan atau mendrop ke masing-masing kabupaten/kota,” terangnya.

Lanjut Suardi, kekosongan tinta ribbon tersebut hanya berdampak pada tidak dapat diterbitkannya KTP elektronik, namun untuk pengurusan dokumen lainnya seperti KK, Akte Kelahiran masih dapat dilakukan di Disdukcapil Dumai dan sejauh ini tidak mendapati kendala yang berarti.

Mensiasati kekosongan tinta ribbon yang berdampak tidak dapat diterbitkannya KTP elektronik, pihak Disdukapil kata Suardi memberikan solusi dengan mengeluarkan surat keterangan (SK).

“Tentunya penerbitan e-KTP baru dapat dilakukan jika tinta sudah didrop dari Provinsi, namun bagi yang memiliki keperluan mendesak kita akan terbitkan surat keterangan, dan pencetakan langsung akan dilakukan setelah mendapatkan tinta dari Provinsi,” ujar Kadisdukcapil Dumai ini seraya menyebutkan bahwa pihaknya masih memiliki stok blangko e-KTP sebanyak 1.218 keping.

Sesuai Pantauan celahkotanews.com di bagian pelayanan pengurusan baik Akte,Kartu keluarga (KK) dan pelayanan lainya di disdukcapil kota dumai masih Berjalan Normal.(ckn)

Laporan : Khairul iwan

Related posts

Satu Bulan DPO, Pelaku Pengeroyokan Ujang  Ditangkap Polisi

Celahkotanews

Ditlantas Polda Metro Jaya Terjunkan  1.459 Polantas  untuk Atur Lalu Lintas di Reuni 212

Celahkotanews

Mau Cantik..Yuk Ke Bintarti Kosmetik Eleora

Celahkotanews

Leave a Comment