oleh

TINGKATKAN PROFESIONAL BABINSA,KODIM 0320/DUMAI GELAR LATIHAN TEKNIS TERITORIAL

celahkotaNEWS.com || DUMAI – Guna memelihara kemampuan dan meningkatkan profesionalisme Babinsa dalam pengetahuan teritorial, Kodim 0320/Dumai menggelar Latihan Teknis Teritorial di Aula Makodim 0320/Dumai Jln.Sultan Syarif Kasim Kel.Teluk Binjai Kec.Dumai Timur Kota Dumai pada hari Rabu tgl 16 Maret 2022.

Pelaksanaan telah di buka Oleh Dandim 0320/Dumai Letkol.Arh Hermansyah Tarigan SE yang di Wikili Oleh Kasdim 0320/Dumai Mayor Inf Hasan Ibrahim pada hari Senin tgl 14 Maret 2022 dan ini merupakan hari Ke Tiga dalam pelaksanaan.

Dalam penyampaiannya Pemateri yang di sampaikan Oleh Pjs.Pasiter Dim 0320/Dumai Kapten Arh M.Daulay mengatakan bahwa 5 (lima) Kemampuan Teritorial yang dimiliki Babinsa harus makin meningkat seiring tugasnya yang makin berat. “Tugas berat itu diantaranya Babinsa harus selalu ada di hati masyarakat, selalu membantu kesulitan rakyat dan mendukung pembangunan serta percepatan pembangunan yang dilakukan pemerintah di tiap kelurahan,”Ujar Pasiter.

Pasiter juga berharap, setelah mengikuti Latnister ini, para Babinsa dapat memiliki ilmu dan wawasan yang lebih baik, sehingga mempunyai kemampuan dan rasa percaya diri dalam melaksanakan tugas, demi kepentingan Bangsa dan Negara sesuai dengan tugas pokoknya sebagai pembina desa.

Dalam latihan yang berlangsung hingga 18 Maret 2022 ini, peserta diberikan materi Lima Kemampuan Teritorial yaitu Kemampuan Temu Cepat Lapor Cepat, Manajemen Teritorial, Penguasaan Wilayah, Pembinaan Perlawanan Rakyat, Komunikasi Sosial dan Sikap Teritorial, yang diaplikasikan dengan praktek di lapangan.

Salah satu pemateri,Pjs.Pasiter Dim 0320/Dumai Kapten Arh M.Daulay yang memberikan materi Kemampuan Teritorial mengatakan, Babinsa harus mempunyai kemampuan berkomunikasi yang baik dengan segala lapisan masyarakat. “Kemampuan Teritorial harus dikuasai setiap Babinsa, karena dalam pelaksanaan tugasnya Babinsa secara langsung bersentuhan dengan masyarakat, sehingga bisa menjalin komunikasi yang baik serta mampu memberikan solusi bila terjadi permasalahan di wilayah sesuai kewenangannya,” Ujarnya.(rls)