Berita Terbaru Lingkungan

Tim Dinas Kesehatan Temukan jentik – jentik Di Dalam Dispenser Rumah,Positif DBD

celahkotaNEWS.com || DUMAI – Memasuki Musim penghujan, Deman Berdarah Dengue (DBD) menjadi perhatian khususnya bagi masyarakat, dan Dinas Kesehatan Dumai, termasuk pihak RSUD.

Bahkan, dengan cuaca yang sering Hujan Panas membuat perkembangan jentik-jentik nyamuk Aedes Aygepti semakin meningkat, untuk itulah masyarakat harus rajin membersihkan lingkungan dan menjalankan program 3M Plus.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Dumai, Faisal mengungkapkan, memang di akhir tahun ini penyebaran DBD mengalami peningkatan,salah satu faktornya adalah musim penghujan.

Ia menambahakan, dikarenakan cuaca kadang hujan dan panas, diharapkan masyarakat melakukan pembersihan dari tempat tinggal ‎sendiri maupun lingkungan sekitar.

“Jadi kalau kebersihan di mulai dari rumah kita sendiri maka perkembangan nyamuk penyebab DBD tidak akan berkembang, tapi sebaliknya, kalau lingkungan tempat tinggal kita bersih, tapi rumah kita sendiri tidak bersih, nyamuk tetap akan berkembang,” katanya, Kamis (28/11/2019).

Faisal menjelaskan, saat tim Dinkes melakukan penyisiran ke rumah yang positif DBD, tim menemukan banyak tumpukan sampah plastik, bahkan di dalam rumah positif DBD ditemukan jentik-jentik nyamuk di Dispenser.

Diakuinya, tidak hanya didalam dispenser, jentik jentik nyamuk juga banyak ditemukan di tempat penampungan air, wadah-wadah terbuka penampung air.

Untuk itulah, tambahnya, pencegahan DBD yang paling efektif adalah dengan menggalakkan 3M ‎yang dimulai dari rumah sendiri, kemudian lingkungan sekitar.

“Kita sudah intruksikan setiap puskesmas untuk mensosialisasikan dan langsung terjun kelapangan jika ditemukan pasien positif DBD.”tutupnya.(ckn)

Foto : [email protected]

Related posts

Bayar Pajak Tapi PJU Banyak Mati,  Masyarakat Merasa diRugikan

Celahkotanews

Jokowi bangkitkan harapan rakyat Papua

Celahkotanews

Berbeda Dengan Pengakuan Supir, Polres Hitung Tangkapan Miras

Celahkotanews

Leave a Comment