Berita Terbaru Health

Tiga Makanan Bantu Hilangkan Stres

2016-12-20_19-34-46
Foto ilustrasi ^internet

Celahkotanews.com || Karena berbagai alasan, stres bisa menyerang siapa saja, khususnya pada orang dewasa. Kondisi ini pun bisa ditandai dengan perasaan mudah marah, gelisah, frustrasi, kesepian, sulit menenangkan pikiran, kerap berpikir negatif hingga kecanduan alkohol.

Stres yang normal bisa memberikan dampak positif, seperti halnya membantu bekerja lebih cepat. Namun jika stres terjadi secara berkepanjangan dan sering terjadi, hal ini juga bisa berdampak negatif. Kendati demikian, stres dipercaya bisa diatasi dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan.

Penulis Stressaholic, Dr Heidi Hanna PhD menjelaskan, makanan ini bertugas memaksimalkan nutrisi dan meminimalkan peradangan. Berikut makanan yang bisa mengatasi stres seperti dilansir dariNewsmax Health.

1. Dark chocolate

Coklat jenis ini memiliki kandungan polifenol yang tinggi dan bermanfat untuk mengurangi peradangan, menambah imunitas, dan meningkatkan sirkulasi dalam darah. Dark chocolate juga merupakan sumber theobromine, senyawa yang erat kaitannya dengan kafein.

“Tapi ini tidak seperti kafein. Theobromine hanya punya efek stimulasi ringan pada sistem saraf pusat yang bisa bermanfaat menambah energi dan fokus. Sebaiknya, pilih asupan dengan kandungan minimal 70 persen dark chocolate” papar Hanna.

2. Sayuran hijau dan kol-kolan

Kedua jenis sayuran ini mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Di mana terdapat kandungan mikronutrien seperti vitamin A, C, E, beta-karoten, luthein, zeaxanthin, dan folat yang tinggi. Selain itu, sawi dan kangkung juga kaya akan kalsium dan kalium yang bisa mengatur tekanan darah.

Sementara sayuran seperti kembang kol dan brokoli mengandung senyawa tertentu yang bisa membantu proses detoksifikasi serta menghilangkan zat karsinogenik dalam tubuh.

3. Berry

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi blueberry bisa membantu menyembuhkan kerusakan oksidatif di otak, membantu mengurangi risiko menurunnya memori dan memperlambat penurunan kognitif. Semua jenis berry, seperti raspberry, blackberry, cranberry, dan stoberi mengandung fitonutrien yang tinggi yang memberikan perlindungan anti radang yang disebabkan stres.

Sindonews.com

Related posts

Prajurit TNI di Dumai Gelar Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan

Celahkotanews

Ribuan Pendukung dari etnis dan suku, Zul AS-Eko Resmi Daftar KPU Dumai

Celahkotanews

Pemko Dumai Sampaikan Aspirasi ke DPRD Riau

Celahkotanews

Leave a Comment